Kabar dari Negeri Tetangga: Luis Milla Jadi Kandidat Pelatih Baru Timnas Singapura

Gia Yuda Pradana | 23 Januari 2022, 14:46
Luis Milla ketika masih melatih Timnas Indonesia (c) Dok. Bola.com
Luis Milla ketika masih melatih Timnas Indonesia (c) Dok. Bola.com

Bola.net - Sebuah kabar mengejutkan datang dari negeri tetangga, Singapura. Ini terkait Luis Milla. Menurut laporan The Strait Times, mantan pelatih Timnas Indonesia itu merupakan kandidat pelatih baru Timnas Singapura.


Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) saat ini memang sedang berburu pelatih untuk menggantikan Tatsuma Yoshida. Luis Milla disebut-sebut sebagai salah satu yang masuk pertimbangan FAS.

Luis Milla memang sedang menganggur setelah meninggalkan Timnas Indonesia pada 2018. Pelatih asal Spanyol itu sempat hampir kembali ke Timnas Indonesia pada 2019.

Namun, PSSI ketika itu lebih memilih Shin Tae-yong yang sampai saat ini jadi pelatih Timnas Indonesia. Pertimbangan FAS untuk menunjuk Luis Milla cukup masuk akal.

Luis Milla punya pengalaman yang bagus tentang sepak bola Asia Tenggara. Selain itu, rapornya di Timnas Indonesia cukup mengesankan yakni berhasil mempersembahkan medali perunggu SEA Games 2017.

FAS tak ingin buru-buru dalam memilih pelatih anyar untuk Timnas Singapura. Selain Luis Milla, kabarnya ada 150 nama pelatih yang mengirimkan CV ke FAS untuk jadi pelatih Ikhsan Fandi dkk.

1 dari 2 halaman

3 Kandidat Kuat

Starting XI Timnas Singapura saat menghadapi Filipina di penyisihan grup A Piala AFF 2020. (c) AFF Suzuki Cup

Selain Luis Milla, ada dua kandidat kuat lainnya sebagai pelatih anyar Timnas Singapura. Mereka adalah Kim Hak-bum asal Korea Selatan dan Stephen Constantine dari Inggris.

Kim Hak-bum merupakan mantan pelatih Korea Selatan U-23. Kim Hak-bum berhasil mempersembahkan medali emas Asian Games 2018 dan Piala AFC U-23 2020.

Adapun Stephen Constantine merupakan pelatih yang sempat menukangi sejumlah tim Asia. Sebut saja Nepal, India, hingga timnas negara Afrika semisal Sudan dan Rwanda.

2 dari 2 halaman

Dikejar Waktu

Pelatih Timnas Singapura di Piala AFF 2020, Tatsuma Yoshida (c) AP Photo

Pelatih anyar Singapura bakal mendapatkan tugas berat. FAS dikejar waktu untuk segera mengumumkan pelatih anyar.

Timnas Singapura akan menghadapi Piala AFF 2022. Turnamen itu menjadi krusial karena sudah lama tidak diraih oleh Singapura.

Pada edisi sebelumnya, Singapura berhasil melaju sampai semifinal, tapi dihentikan oleh Timnas Indonesia. Ini menjadi alasan pengunduran diri Tatsuma Yoshida.

Disadur dari: Bola.com/Zulfirdaus Harahap/Wiwig Prayugi

Published: 23 Januari 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR