Joseph Simatupang Ferguson, Bek Berdarah Batak Kelahiran Manchester yang Siap Bela Timnas Indonesia

Ari Prayoga | 15 April 2022, 17:10
Joseph Simatupang Ferguson (c) Instagram @josephfergusonsimatupang
Joseph Simatupang Ferguson (c) Instagram @josephfergusonsimatupang

Bola.net - Satu lagi pemain keturunan yang siap membela Timnas Indonesia. Kali ini Duta besar Republik Indonesia untuk Inggris dan Irlandia, Desra Percaya menemui bek Blackburn Rovers, Joseph Simatupang Ferguson.


Ferguson merupakan pemain keturunan Batak yang lahir di Manchester pada 28 Desember 2002. Ibunya orang Batak, dan ayahnya berkewarganegaraan Ingggris.

"Berusia 19 tahun, kelahiran Manchester dan berdarah Batak-Ingggris. Bermain sebagai bek kanan di Blackburn Rovers," tulis Desra dalam akun Twitternya, @desrapercaya09, Sabtu (15/4/2022).

"Semoga bergabung dengan Timnas Indonesia. Ada yang tahu siapa dia?" kata Desra dalam unggahannya bersama Joseph Ferguson.

Joseph Ferguson adalah produk akademi Blackburn Rovers. Pemain berpostur 181 cm itu dipromosikan ke tim U-18 pada 2019, disusul ke tim U-23 sejak musim ini.

1 dari 3 halaman

Main di Kompetisi U-23 Liga Inggris

Dalam postingan di akun Instagramnya, @desrapercaya, Desra bertemu dengan Joseph Ferguson pada Jumat (14/4/2022) dan belajar mempelajari Bahasa Batak.

"Lebih dari sepekan puasa, di sela-sela kesibukan, saya selalu sempatkan belajar hal baru. Melatih kosakata Bahasa Batak bersama teman baru saya, Joseph," kata Desra.

"Di usianya yang sangat muda, 19 tahun, Joseph yang berdarah Batak-Inggris dan lahir di Manchester Ini telah mencetak prestasi menjadi bek kanan Blackburn Rovers."

"Bahkan, Joseph pernah mencetak satu gol ketika melawan Arsenal pada bulan lalu. Terima kasih Joseph telah mengunjungi Kedubes Indonesia di London. Tetap produktif dan buat Indonesia bangga," imbuh Desra.

Transfermarkt mencatat Joseph Ferguson telah bermain 12 kali di musim ini, dengan 11 di antaranya bersama Blackburn Rovers U-23 di Premier League 2.

Blackburn Rovers U-23 berkancah di Divisi 1 Premier League 2 atau kasta teratas kompetisi U-23 Liga Inggris.

2 dari 3 halaman

Tertarik Membela Timnas Indonesia

Dalam wawancaranya dengan Yussa Nugraha di YouTube pada 2020, Joseph Ferguson mengaku tertarik membela Timnas Indonesia.

"Tentu saja bermain di timnas, tentunya Indonesia karena ibuku berasal dari sana. Saya juga sering ke Indonesia, itu akan menjadi hal yang hebat kalau itu terjadi. Tentu saya tertarik tapi saya tidak tahu. Lihat apa yang terjadi nanti," imbuh Joseph.

"Saya ingin bermain di posisi bek sayap kanan. Memang, semua posisi bagus. Tapi, posisi favorit saya ada di bek sayap kanan. Saya pikir mereka akan melihat permainan terbaik saya di posisi itu," terangnya.

3 dari 3 halaman

Pose Desra Percaya dengan Joseph Ferguson

Disadur dari: Bola.com (Muhammad Adiyaksa, Wiwig Prayugi) 15 April 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR