Jokowi Pimpin Rapat Terbatas Piala Dunia U-20 2023 Bersama Iwan Bule dan Menpora, Begini Hasilnya

Gia Yuda Pradana | 8 September 2022, 14:16
Rapat Terbatas (Ratas) terkait Piala Dunia U-20 2023 antara Presiden Jokowi, PSSI, dan Menpora (c) PSSI
Rapat Terbatas (Ratas) terkait Piala Dunia U-20 2023 antara Presiden Jokowi, PSSI, dan Menpora (c) PSSI

Bola.net - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin Rapat Terbatas (Ratas) terkait Piala Dunia U-20 2023 bersama Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Ratas berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Dalam Ratas tersebut, Jokowi meminta jajaran terkait untuk memastikan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Mulai dari infrastruktur sampai peralatannya harus sesuai standar FIFA.

“Bapak Presiden menginstruksikan kepada kami menteri-menteri terkait untuk segera melakukan langkah-langkah memenuhi apa yang dikehendaki oleh FIFA,” ujar Menpora, disadur dari laman PSSI.

Sebelumnya pada Juni 2022, FIFA datang ke Indonesia dan melakukan inspeksi. Hasilnya, mereka menemukan sejumlah kekurangan di infrastruktur dan peralatan.

“Bapak Presiden memberikan arahan kepada kami untuk segera memperbaiki itu karena kita ada deadline. Kira-kira sekitar Oktober, FIFA akan melihat lagi,” kata Menpora.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Penjelasan Menpora

Lambang resmi Piala Dunia U-20 Indonesia 2023. (c) PSSI

Lambang resmi Piala Dunia U-20 Indonesia 2023. (c) PSSI

Menpora menjelaskan, sebelumnya sejumlah stadion dan fasilitas telah siap digunakan untuk Piala Dunia U-20 yang sedianya akan digelar pada tahun lalu. Tapi karena adanya penundaan dan akhirnya fasilitas tersebut dipakai dalam berbagai ajang, maka diperlukan sejumlah perbaikan.

“Saya beri contoh seperti Stadion Manahan di Solo (Jawa Tengah) yang tadinya sudah siap, tetapi pada saat itu kami gunakan untuk turnamen pramusim. Dua kali bahkan turnamen pramusimnya yaitu Piala Menpora dan Piala Presiden," tutur Menpora.

"Kemudian untuk kompetisi Liga musim 2021/2020 dan 2022/2023, dan terakhir digunakan untuk ASEAN Para Games, sehingga kondisinya masih perlu perbaikan lagi. Sama halnya dengan stadion-stadion lainnya, seperti Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Selain Manahan dan Si Jalak Harupat, ada empat stadion lainnya yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 2023. Meliputi, Gelora Bung Karno (DKI Jakarta), Kapten I Wayan Dipta (Bali), Jakabaring (Palembang, Sumatera Selatan), dan Gelora Bung Tomo (Surabaya, Jawa Timur).

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR