Jadwal Piala AFF 2020 dan BRI Liga 1 Berpotensi Bentrok

Anindhya Danartikanya | 5 November 2021, 09:10
AFF Logo. (c) Bola.com/Adreanus Titus
AFF Logo. (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 diketahui bakal libur selama periode FIFA International Match Calendar 2021 pada 8-16 November 2021. Bagaimana dengan Piala AFF 2020 ketika Timnas Indonesia bermain? Jadwal Piala AFF kemungkinan akan bentrok dengan seri ketiga dan keempat BRI Liga 1.


PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana membuka bursa transfer putaran kedua pada 15 Desember 2021 atau setelah pekan ke-17 berakhir, yang artinya seri ketiga masih berputar ketika Piala AFF dimulai. Piala AFF bakal digelar di Singapura pada 5 Desember 2021-1 Januari 2022.

PT LIB kemungkinan tidak akan akan meliburkan peralihan pertengahan musim terlalu lama, sehingga BRI Liga 1 dapat kembali dimulai pada seri keempat saat Piala AFF masih berjalan.

Kans bentrok jadwal antara Piala AFF dengan BRI Liga 1 bakal membuat klub menjerit. Persebaya Surabaya, misalnya, pelatih Aji Santoso bahkan telah pening sebelum turnamen itu dimulai.

Sebelum berkancah di Piala AFF, Timnas Indonesia berencana menggelar pemusatan latihan di Turki pada 18 November 2021.

1 dari 3 halaman

Persebaya Sumbang Banyak Pemain ke Timnas Indonesia

BRI Liga 1: Pemain Persebaya Surabaya, Ricky Kambuaya (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Beberapa waktu terakhir, Persebaya menjadi penyumbang pemain terbanyak ke Timnas Indonesia dengan empat nama. Keempatnya adalah Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Rizky Ridho, dan Ernando Ari Sutaryadi.

Selain keempatnya, masih ada beberapa pemain Persebaya yang pernah dipanggil ke Timnas Indonesia pada tahun ini seperti Arif Satria dan Ady Setiawan.

"Saya juga ada pusingnya. Nanti kalau ada lagi pemain dipanggil Timnas Indonesia berbarengan dengan kompetisi ini. Saya dengar mereka akan melakukan pemusatan latihan di Turki. Saya dapat informasi ini yang membuat saya pusing," ujar Aji Santoso.

"Paling tidak, nanti pada seri ketiga, kemungkinan lima pemain kami tidak bisa ikut tampil di BRI Liga 1. Di sisi lain, saya juga bangga banyak pemain nasional dari Persebaya," imbuh Aji.

2 dari 3 halaman

PSSI Akan Kasih Pengertian ke Klub

Sekjen PSSI, Yunus Nusi (kiri) dan Wakil Sekjen PSSI Maaike Ira Puspita (Kanan) (c) Dok. PSSI

Sekjen PSSI, Yunus Nusi berniat untuk memberikan pengertian kepada klub yang pemainnya dipanggil ke Timnas Indonesia. Sebab, para peserta tidak wajib melepas pemainnya karena Piala AFF 2020 tidak termasuk FIFA Matchday. Pada 2016, Piala AFF baru diakui turnamen internasional kategori A FIFA.

"Insyaallah saya akan mengundang kawan-kawan klub yang pemainnya dipercaya ke Timnas Indonesia. Kami bakal komunikasikan bahwa memang Piala AFF bukan termasuk FIFA Matchday dan kami berharap ada penyesuaian," jelas Yunus Nusi.

Pada 2016, jadwal Piala AFF dan kompetisi juga bentrok. Demi mengakomodir kebutuhan Timnas Indonesia dan klub, PSSI membuat kebijakan win-win solution. Timnas Indonesia hanya diperbolehkan maksimal memanggil dua pemain dari setiap klub dan hasilnya Skuad Garuda menjadi runner-up Piala AFF 2016.

"Soal kemungkinan kebijakan itu diulang, kami memberikan kebebasan kepada pelatih Shin Tae-yong untuk memilih. Meski kami tahu, ada harapan dari klub agar pemainnya tidak banyak dipanggil ke Timnas Indonesia," tutur Yunus Nusi.

"Shin Tae-yong berusaha untuk memilih pemain terbaik di setiap klub dan kami akan komunikasikan lagi dengan para peserta," jelas mantan anggota Exco PSSI ini.

3 dari 3 halaman

BRI Liga 1 Libur atau Jalan Terus saat Piala AFF 2020?

BRI Liga 1: Pemain Arema FC, Kushedya Hari Yudo (kanan) merayakan gol ke gawang Madura United bersama Dendi Santoso di Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin (01/11/2021). (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

PT LIB belum dapat memastikan apakah BRI Liga 1 akan jalan terus atau disetop ketika Piala AFF 2020 digelar pada 5 Desember 2021-1 Januari 2022 di Singapura. "Tapi kan, kalau Piala AFF bukan FIFA Matchday," tutur Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

Timnas Indonesia akan bermain di Piala AFF 2020 dan tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

Asep Saputra selaku Manajer Kompetisi PT LIB menjelaskan bahwa pihaknya bakal berdiskusi dengan PSSI terkait kelangsungan BRI Liga 1 di tengah penyelenggaraan Piala AFF. "Untuk Piala AFF, kami akan komunikasikan ke PSSI," terang Asep.

Disadur dari: Bolacom (Muhammad Adiyaksa, Wiwig Prayugi) | Dipublikasi: 5 November 2021

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR