BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Jadwal Final Piala AFF 2018: Malaysia vs Vietnam

07-12-2018 13:45 | Afdholud Dzikry

Piala AFF 2018. (c) aff Piala AFF 2018. (c) aff

Bola.net - Timnas Malaysia dan timnas Vietnam akan saling jegal di partai final Piala AFF 2018. Kedua negara akan bertarung berebut status sebagai tim nasional terbaik di Asia Tenggara.

Malaysia melaju ke partai final Piala AFF 2018 setelah menyingkirkan favorit juara yang sekaligus merupakan juara bertahan, Thailand. Tim nasional Malaysia melaju ke partai puncak setelah di semifinal unggul aturan gol tandang dengan agregat 2-2.

Sementara itu, timnas Vietnam mampu menembus final Piala AFF setelah di semifinal mengalahkan tim kuat Filipina. Vietnam berhak melaju ke partai puncak setelah menang agregat 4-2 atas Filipina.

Partai final Piala AFF 2018 sendiri akan digelar dengan sistem kandang tandang. Di leg pertama, Malaysia akan menjadi tuan rumah terlebih dahulu pada 11 Desember 2018 di Stadion Bukit Jalil. Sedangkan leg kedua akan digelar di markas Vietnam, Stadion Nasional My Dinh pada 15 Desember 2018 pukul 19:30 WIB.

Dan berikut adalah perjalanan kedua tim ketika di semifinal Piala AFF 2018. Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Timnas Malaysia Singkirkan Thailand

Setelah bermain imbang tanpa gol di leg pertama semifinal Piala AFF 2018, timnas Malaysia tandang ke markas Thailand dengan optimisme besar.

Tak kalah optimis adalah tuan rumah Thailand. Mampu menahan imbang 0-0 di leg pertama yang digelar di Stadion Bukit Jalil membuat tim asuhan Milovan Rajevac optimistis mampu menang di kandang sendiri.

Thailand langsung tampil menyerang sejak pertandingan bergulir. Torehan satu gol sebenarnya cukup bagi pasukan Milovan Rajevac untuk melaju ke partai puncak.

Taktik yang diusung berbuah manis pada menit ke-21. Bek Malaysia, Irfan Zakaria, salah mengantisipasi datangnya bola sehingga gawang timnya bergetar dan membuat Thailand unggul.

Sukacita yang dirasakan tim tuan rumah tidak bertahan lama. Tujuh menit berselang, Malaysia berhasil menyamakan kedudukan berkat bola hasil sepakan Muhammad Syahmi Safari dari luar kotak penalti.

Memasuki babak kedua, publik tuan rumah bersorak. Berawal dari situasi bola mati, Pansa Hemviboon menanduk bola kemelut di depan gawang Malaysia sehingga Thailand kembali unggul pada menit ke-63.

Malaysia tidak menyerah, meski dalam posisi tertinggal. Mereka kembali membungkam tim tuan rumah berkat gol Norshahrul Idlan pada menit ke-71.

Malaysia mengalami petaka karena Syahmi mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-90+4. Situasi ini membuat sang pemain dipastikan absen di partai puncak.

Pelanggaran itu membuat Thailand mendapat hadiah penalti. Adisak Kraisorn pun maju sebagai eksekutor, tetapi bola hasil sepakannya masih gagal menggetarkan gawang Malaysia. Skor 2-2 ini bertahan hingga akhir pertandingan dan memastikan Malaysia ke final Piala AFF 2018 dengan keunggulan gol tandang.

2 dari 2 halaman

Vietnam Kalahkan Filipina

Timnas Vietnam melaju ke final Piala AFF 2018 setelah mengalahkan Filipina dengan skor 2-1 pada semifinal leg kedua yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Kamis (6/12/2018). Kemenangan ini membuat Vietnam melaju ke final dengan keunggulan agregat 4-2 karena pada leg pertama di Filipina, Vietnam menang 2-1.

Bermain di depan pendukung sendiri membuat Vietnam agresif sejak awal babak pertama. Namun hingga babak pertama berakhir, tak ada gol yang tercipta.

Pertandingan semakin seru di paruh kedua. Namun gol yang ditunggu-tunggu baru tercipta saat pertandingan memasuki menit ke-83 setelah Nguyen Quang Hai melepaskan tendangan dari jarak dekat lewat kaki kiri yang gagal diantisipasi kiper Filipina.

Empat menit berselang, giliran Nguyen Cong Phuong yang mencatatkan namanya di papan skor. Bola hasil sepakan kaki kiri Nguyen Cong Phuong menghujam pojok kiri atas gawang Deyto.

Filipina sempat menjaga asa pada menit ke-89 melalui James Younghusband. Pemain berusia 32 tahun itu melepaskan tembakan kaki kanan dari tengah kotak penalti yang gagal diantisipasi kiper Vietnam kawalan Dang Van Lam. Skor 2-1 untuk kemenangan tuan rumah Vietnam pun bertahan hingga pertandingan berakhir.

Pertemuan di sebuah partai final Piala AFF 2018 ini merupakan merupakan yang pertama bagi kedua negara. Kedua tim sempat bertemu di babak penyisihan Grup A, saat itu Vietnam menang dengan skor 2-0.

Kedua tim saat ini sama-sama memiliki torehan satu trofi juara Piala AFF 2018. Vietnam meraih status juara pada tahun 2008 sedangkan Malaysia pada tahun 2010 lalu. Karena itu, pertemuan kali ini juga akan menjadi kesempatan kedua tim untuk menambah koleksi gelar mereka.

Sumber: bola.com

Menguji Wawasan Helmy Yahya dalam Kuis Siapa Berani Liga Inggris

KOMENTAR