Iwan Bule: Shin Tae-yong Keteteran, Latih Timnas Indonesia U-20 Saja dan Lepas Timnas Senior

Serafin Unus Pasi | 7 Juni 2022, 22:01
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) Bola.com/Erwin Snaz
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) Bola.com/Erwin Snaz

Bola.net - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan menganggap Shin Tae-yong keteteran. Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini meminta pelatih asal Korea Selatan itu untuk fokus melatih Timnas Indonesia U-20.

Selama ini, Shin Tae-yong melatih tiga Timnas Indonesia kelompok usia sekaligus. Ketiganya adalah timnas senior, timnas U-23, dan timnas U-19.

PSSI mengontrak Shin Tae-yong sejak awal 2020. Iwan Bule mengatakan bahwa pelatih berusia 51 tahun itu yang minta menangani tiga Timnas Indonesia level umur.

Sekarang, Iwan Bule melihat bahwa Shin Tae-yong kewalahan. Pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu diharapkan dapat berkonsentrasi dengan Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023.

"Sebenarnya kami ingin dia khusus Piala Dunia U-20 2023 dari awal pertama kami Kontrak. Tapi Shin Tae-yong ingin semua ditangani. Saya bilang kenapa? Dia ingin lihat perkembangan dari junior ke senior," ujar Iwan Bule, di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (7/6/2022).

"Ternyata mungkin sekarang menurut saya keteteran dengan tiga kelompok umur tersebut. Kami akan diskusikan. Mami akan rekomendasikan, rencananya kalau bisa hanya untuk kelompok umur saja," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Bakal Rapat dengan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong saat ini masih melatih Timnas Indonesia pada Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait. Skuad Garuda akan melawan tuan rumah, Yordania, dan Nepal.

Iwan Bule akan membahas kemungkinan Shin Tae-yong fokus di Timnas Indonesia U-20 setelah pulang dari Kuwait.

"Nanti Shin Tae-yong pulang, kami akan rapat kembali. Seperti beberapa waktu lalu di Bandung, kami panggil yang bersangkutan memaparkan road map-nya," tutur mantan Kapolda Metro Jaya ini.

"Kami berkeinginan begitu. Timnas U-23 tidak usah. Yang Timnas U-20 harus dan timnas senior biar kasih aja kepelatih lain. Kami tunggu kembali dari Kuwait, kami akan diskusikan," imbuh Iwan Bule.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR