Ini toh Penyebab Timnas Indonesia U-23 Kalah dari Thailand di Semifinal SEA Games 2021

Dimas Ardi Prasetya | 19 Mei 2022, 22:14
Ekspresi kekecewaan Timnas Indonesia U-23 usai dikalahkan Thailand U-23 di Semifinal SEA Games 2021, Kamis (19/5/2022) (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar
Ekspresi kekecewaan Timnas Indonesia U-23 usai dikalahkan Thailand U-23 di Semifinal SEA Games 2021, Kamis (19/5/2022) (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Bola.net - Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong mengatakan anak-anak asuhnya merasa takut saat menghadapi Thailand U-23 di semifinal SEA Games 2021.


Timnas Indonesia U-23 dipaksa tumbang lawan Thailand di laga yang digelar di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022). Garuda Muda kalah 1-0 dalam waktu 120 menit pertandingan setelah bermain tanpa gol pada 90 menit waktu normal.

Kekalahan ini membuat kans Timnas Indonesia U-23 meraih medali emas SEA Games 2021 tertutup. Gol kemenangan Thailand atas Tim Garuda Muda dicetak oleh Weerathep Pomphan pada menit ke-95.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, pun menegaskan kekalahan ini menjadi bahan evaluasi bagi tim asuhannya. Menurutnya, Tim Garuda Muda masih meninggalkan pekerjaan rumah yang besar ketika menghadapi tim-tim level kekuatan yang sedikit lebih tinggi.

"Kekalahan ini memang membuat kami melakukan evaluasi," tegas Shin Tae-yong dalam konferensi pers setelah kekalahan tersebut.

"Sebab, kami tidak bisa mengembangkan permainan ketika bertemu lawan yang sedikit lebih kuat," lanjut pelatih Timnas Indonesia U-23 asal Korea Selatan itu.

1 dari 3 halaman

Takut

Permainan apik Timnas Indonesia U-23 yang bermain terbuka dan mampu menyerang lini pertahanan Thailand seakan tak berarti setelah satu tembakan keras Weerathep Pomphan menjadi pembeda dalam pertandingan ini.

Shin Tae-yong pun mengaku kecewa karena tim asuhannya tidak bertanding dengan baik. Fachruddin Aryanto dkk. dinilai seharusnya bisa bermain lepas supaya tidak canggung.

"Kami takut dengan itu dan tidak bisa mengembangkan permainan Timnas Indonesia U-23," ujar Shin Tae-yong.

"Jika kami mampu bermain seperti biasa, pastinya jalannya pertandingan akan menjadi lebih baik," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Kans Raih Perunggu

Kekalahan dari Thailand membuat Timnas Indonesia U-23 selanjutnya menjalani duel perebutan tempat ketiga atau medali perunggu.

Tim Garuda Muda akan bertemu dengan tim yang kalah dari semifinal lainnya yang mempertemukan tuan rumah Vietnam dan Malaysia yang tengah bertanding saat berita ini diturunkan.

Pertandingan perebutan tempat ketiga sepak bola SEA Games 2021 akan digelar di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam, pada Minggu (22/5/2022) dengan kick-off pukul 16.00 WIB.

3 dari 3 halaman

Kekuatan Berkurang

Namun, Timnas Indonesia U-23 juga mengalami masalah untuk menatap pertandingan tersebut.

Tiga kartu merah yang diterima Firza Andika, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya pada akhir laga kontra Thailand membuat kekuatan tim asuhan Shin Tae-yong akan berkurang dalam laga tersebut.

Rachmat Irianto dan Firza Andika turun dalam laga kontra Thailand sebagai pemain pengganti. Namun, Ricky Kambuaya selama ini adalah andalan Shin Tae-yong di lini tengah.

Siapa yang akan diberikan kepercayaan oleh pelatih asal Korea Selatan itu untuk turun dari awal pertandingan pada Minggu nanti?

Disadur dari: Bola.com/Penulis Muhammad Adiyaksa/Editor Benediktus Gerendo Pradigdo
Published: 19/05/2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR