Ini Resep Timnas Indonesia Bisa Pesta Gol Saat Jumpa Laos di Piala AFF 2020

Dimas Ardi Prasetya | 12 Desember 2021, 20:52
Timnas Indonesia merayakan golnya ke gawang Laos di laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Minggu (12/12/2021) sore WIB. (c) Dok. PSSI
Timnas Indonesia merayakan golnya ke gawang Laos di laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Minggu (12/12/2021) sore WIB. (c) Dok. PSSI

Bola.net - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong membeberkan resep keberhasilan anak-anak asuhnya berpesta gol ke gawang Laos, Minggu (12/12/2021) sore WIB.


Timnas Indonesia bersua Laos di laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Singapura. Laga ini berlangsung dengan timpang.

Indonesia mendominasi jalannya laga. Laos pun lebih banyak bertahan dan cuma mengandalkan serangan balik.

Timnas Indonesia unggul dua gol lebih dulu melalui tendangan penalti Asnawi Mangkualam (23') dan Irfan Jaya (34'). Namun, Kamboja berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit ke-41' melalui Kydavone Souvanny.

Pada babak kedua, Shin Tae-yong melakukan sejumlah pergantian di semua lini. Hasilnya membuat Timnas Indonesia bermain semakin agresif dan berhasil menambah tiga gol.

Timnas Indonesia menambah gol melalui Witan Sulaeman (56'), Ezra Walian (77'), dan Evan Dimas (84'). Hingga laga usai tak ada gol tambahan.

1 dari 3 halaman

Apresiasi Shin Tae-Yong untuk Timnas Indonesia

Usai pertandingan, Shin Tae-yong memberikan pujian pada para penggawa Timnas Indonesia. Ia merasa senang melihat para pemain bekerja maksimal. Menurutnya hal itulah yang membuat mereka bisa menang besar melawan Laos.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pemain dalam kerja keras di lapangan. Kami memang sudah bekerja keras untuk pertandingan melawan Laos sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga.

Kemenangan atas Laos menambah kepercayaan diri Timnas Indonesia dalam melakoni laga selanjutnya melawan Vietnam dan Malaysia. Shin Tae-yong bertekad mempersiapkan timnya lebih baik lagi demi meraih kemenangan.

"Saya juga ingin bisa mempersiapkan lebih baik lagi pada pertandingan selanjutnya melawan Vietnam dan Malaysia.

2 dari 3 halaman

Unggul Segalanya

Statistik mencatat, Timnas Indonesia unggul segalanya atas Laos pada laga tersebut. Pasukan Shin Tae-yong memiliki penguasaan bola mencapai 74 persen.

Timnas Indonesia juga melepaskan 14 tembakan yang sembilan di antaranya akurat. Adapun Laos memiliki 26 persen penguasaan bola.

Laos mendapatkan satu tembakan ke gawang dan satu tidak akurat. Gol ke gawang Timnas Indonesia menjadi yang pertama dicetak Laos di Piala AFF 2020.

3 dari 3 halaman

Perpanjang Rapor Positif

Timnas Indonesia juga memperpanjang catatan positif atas Laos. Timnas Indonesia belum terkalahkan dalam 10 pertandingan dengan rincian sembilan kemenangan dan sekali imbang.

Timnas Indonesia sejauh ini sudah mencetak 45 gol ke gawang Laos. Adapun Laos hanya mencetak sembilan gol ke gawang skuad Garuda.

Tambahan tiga poin membuat Timnas Indonesia kini menjadi pemuncak klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020 dengan koleksi enam angka. Namun, posisi tersebut berpeluang berubah sembari menunggu hasil duel Vietnam Vs Malaysia.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Zulfirdaus Harahap/Editor Gregah Nurikhsani
Published: 12/12/2021

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR