Ini Permintaan Menpora kepada PSSI Usai Timnas Indonesia Mundur dari Piala AFF U-23

Yaumil Azis | 12 Februari 2022, 05:03
Menpora Zainuddin Amali (c) Bola.net/Fitri Apriani
Menpora Zainuddin Amali (c) Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali meminta PSSI untuk fokus pada kesehatan pemain setelah Timnas Indonesia mundur dari gelaran Piala AFF U-23. Menyusul adanya sejumlah penggawa yang terpapar Covid-19.

Amali juga meminta PSSI untuk memutus penyebaran Covid-19 dalam skuad Timnas Indonesia. Harapannya, tidak ada lagi pemain yang terpapar virus SARS-COV-2 tersebut.

"Saya sudah minta PSSI konsentrasi ke pemulihan pemain dan menjaga yang belum terpapar covid-19," katanya dilansir situs resmi Kemenpora, Jumat (11/02/2022).

Pria asal Gorontalo tersebut menegaskan bahwa langkah PSSI untuk mundur dari gelaran Piala AFF U-23 adalah keputusan yang cukup beralasan. Sebab, pertimbangannya adalah keselamatan pemain.

"Nah kita menjaga kesehatan dan keselamatan pemain kita dan nanti di sana pasti juga begitu tahu timnas Indonesia banyak yang terpapar pasti mereka akan ragu bahkan dia gak mau bertanding," tegasnya.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters

1 dari 2 halaman

Diduga Terpapar Bersama Klub

Namun, terkait banyaknya pemain yang terpapar Covid-19, Amali menduga mereka tertular saat kembali ke klub dan mentas di BRI Liga 1 2021/2022. Meskipun dari sisi penerapan protokol kesehatan terbilang cukup ketat.

"Penerapan protokol kesehatan dengan sistem bubble sangat ketat dan disiplin, itu saya akui waktu saya tinjau di Bali, memang itu berjalan dengan baik," papar Amali.

"Tetapi tidak mungkin dihindarkan misalnya interaksi dengan petugas hotel dan lainnya," tegas mantan anggota DPR RI tersebut.

2 dari 2 halaman

Amali Memahami

Lebih lanjut, Amali sebenarnya juga ingin melihat aksi Timnas Indonesia pada turnamen sepak bola di Asia Tenggara tersebut. Namun, karena memang kondisinya tak memungkinkan, dia juga memahami.

"Memang sekarang ini sedang tinggi Omicron di tanah air dan penyebarannya sangat cepat," Amali menambahkan.

"Walaupun saya dapatkan penerapan protokol kesehatan sangat ketat," tandasnya.

(Bola.net/Mustopa Elabdy)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR