Ingin Timnas Indonesia Bermarkas di SUGBK Saat Piala AFF 2022, PSSI Minta Discount ke Pihak Pengelola

Serafin Unus Pasi | 28 November 2022, 21:03
Ingin Timnas Indonesia Bermarkas di SUGBK Saat Piala AFF 2022, PSSI Minta Discount ke Pihak Pengelola
Starting XI Timnas Indonesia saat menghadapi laga kedua lawan Curacao di FIFA Matchday di Stadion Pakansari, Bogor, Senin (27/09/2022) malam WIB. (c) Bola.net/M. Iqbal Ichsan

Bola.net - PSSI berharap Pusat Pengelola Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) menurunkan tarif sewa Stadion Utama Gelora Bandung Karno (SUGBK). Induk sepak bola di Tanah Air itu ingin menyewa SUGBK untuk Timnas Indonesia yang akan main di Piala AFF 2022.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor 38/PMK.05/2018 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum PPKGBK pada Kementarian Sekretariat Negara, biaya penggunaan SUGBK sebesar Rp450 juta per 12 jam dalam sehari.

"Kami berharap untuk diberikan diskon harga yang bagus untuk Timnas Indonesia," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (28/11).

Timnas Indonesia akan memainkan dua partai kandang di babak penyisihan Grup A Piala AFF 2022. Skuad Garuda bakal menjamu Kamboja pada 23 Desember 2022, lalu Thailand enam hari berselang.

1 dari 2 halaman

Lampu Hijau dari Menpora

Rencana PSSI menjadikan SUGBK sebagai markas Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 mendapat lampu hijau dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

Sebelumnya, menteri asal Gorontalo itu melarang SUGBK dipakai kegiatan apapun karena harus steril. Seperti diketahui, SUGBK disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

"Terima kasih Pak Menpora sudah mengizinkan kami bisa menggunakan SUGBK," tutur Yunus Nusi.

2 dari 2 halaman

Pakai SUGBK Hingga Final

Yunus Nusi juga memastikan bahwa venue berkapasitas 77.193 tempat duduk itu bakal jadi homebase Timnas Indonesia jika lolos ke babak semifinal dan final Piala AFF 2022.

Babak semifinal dan final akan menggunakan format dua leg. Artinya, setiap tim yang melaju ke fase itu masih akan menjalani laga home dan away.

"Kalau Timnas Indonesia masuk semifinal dan final Piala AFF 2022, kami juga akan gunakan SUGBK," imbuh Yunus Nusi.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR