BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Ingin Asnawi Mangkualam Bergabung Lebih Cepat, Ini yang Dilakukan Shin Tae-yong

14-04-2021 12:07 | Afdholud Dzikry

Pemain Timnas Indonesia U-22, Asnawi Mangkualam, bersama Osvaldo Haay merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Singapura U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11). Indonesia menang 2-0 atas Singapura. (c) Bola.com/M Iqb Pemain Timnas Indonesia U-22, Asnawi Mangkualam, bersama Osvaldo Haay merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Singapura U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11). Indonesia menang 2-0 atas Singapura. (c) Bola.com/M Iqb

Bola.net - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong memasukkan nama Asnawi Mangkualam dalam daftar nama untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada Juni 2021 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Sadar bahwa keinginannya untuk melihat Asnawi Mangkualam bergabung dengan tim lebih cepat takkan mudah, Shin Tae-yong bakal melobi Ansan Greeners. Tim yang saat ini dibela Asnawi.

Sebagai persiapan untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia akan menggelar pemusatan latihan pada bulan depan. Tim berjulukan Skuad Garuda itu juga bakal menghadapi Timnas Afghanistan dalam laga uji coba pada 25 Mei 2021.

"Saya akan berdiskusi dengan Ansan Greeners apakan Asnawi Mangkualam bisa bergabung dengan Timnas Indonesia sepekan sebelum Kualifikasi Piala Dunia 2022 atau tidak," kata Shin Tae-yong dinukil dari media Korea Selatan, Sports-G.

Shin Tae-yong baru menyaksikan penampilan Asnawi Mangkualam secara langsung bersama Ansan Greeners pada Minggu (11/4/2021). Mantan arsitek Timnas Korea Selatan ini menyuruh anak buahnya itu untuk cepat beradaptasi dengan budaya di Negeri Ginseng.

"Asnawi Mangkualam harus meningkatkan stamina agar bisa cepat turun ke posisi aslinya dan ketika bertahan," terang Shin Tae-yong.

Asnawi Mangkualam manut dengan masukan dari Shin Tae-yong tersebut. "Saya memang harus tumbuh secara fisik," tutur mantan pemain PSM Makassar itu.

1 dari 2 halaman

Sentralisasi di UEA

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah menetapkan bahwa sisa pertandingan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia akan digelar secara terpusat. Timnas Indonesia bakal bermain di UEA untuk tiga laga terakhirnya.

Timnas Indonesia, yang tergabung di Grup G, masih memiliki tiga partai tersisa melawan Thailand, Vietnam, dan UEA.

Seharusnya, Timnas Indonesia akan melakoni dua partai tandang, masing-masing menantang Thailand dan Vietnam serta satu laga kandang menjamu UEA.

Sejak pemberlakuan sentralisasi itu, status kandang dan tandang tidak lagi berlaku. Seluruh pertandingan alias sisa laga Grup G akan dimainkan di UEA.

Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada 3 Juni 2021, dilanjutkan dengan bentrok melawan Vietnam pada 7 Juni 2021, dan UEA empat hari berselang.

2 dari 2 halaman

Apa Alasannya?

AFC mengonfirmasi bahwa lanjutan dari Grup A-H Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia akan dimulai pada 31 Mei-15 Juni 2021 dengan masing-masing grup bermain di satu tempat.

China akan menjadi tuan rumah Grup A, Kuwait untuk Grup B, Bahrain untuk Grup C, Arab Saudi untuk Grup D, Qatar untuk Grup E, Jepang untuk Grup F, dan Korea Selatan untuk Grup H.

Kebijakan sentralisasi ini terpaksa diambil oleh AFC karena masa pandemi COVID-19 tidak kunjung berakhir. AFC telah berkonsultasi dengan asosiasi anggotanya sebelum menetapkan keputusan tersebut.

Saat ini, Timnas Indonesia terpuruk di dasar klasemen Grup G dengan nihil poin. Tim berjulukan Skuad Garuda itu selalu menelan kekalahan dalam lima pertandingan.

Jadwal Timnas Indonesia di Grup G

  • 3 Juni 2021: Thailand Vs Timnas Indonesia
  • 7 Juni 2021: Vietnam Vs Timnas Indonesia
  • 11 Juni 2021: Timnas Indonesia Vs UEA

Disadur dari: Bola.com (Muhammad Adiyaksa; 13/4/2021)

KOMENTAR