Indra Sjafri: Meskipun Jordi Amat Bermain di Malaysia, Bukan Berarti Menurunkan Kualitasnya

Gia Yuda Pradana | 30 Juni 2022, 11:04
Indra Sjafri dan Shin Tae-yong (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan
Indra Sjafri dan Shin Tae-yong (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Di tengah proses naturalisasinya untuk menjadi pemain Timnas Indonesia, Jordi Amat bergabung dengan Johor Darul Ta'zim (JDT). Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri turut mengomentari kepindahan Jordi Amat dari Eropa ke klub kaya Malaysia ini.

"Saya sudah pernah bilang, tapi semua orang menyalahkan saya bahwa sepak bola tidak bisa jadi alasan untuk perpindahan warga negara," kata Indra Sjafri

"Sepak bola bebas menentukan sikapnya. Perpindahan Jordi Amat itu murni perpindahan warga negara. Bagaimana ia mengubah kepribadian dia, saya pikir itu tergantung," imbuhnya.

1 dari 2 halaman

Level Kompetisi Jadi Pertimbangan

Jordi Amat bergabung dengan Johor Darul Tazim (JDT) (c) Instagram JDT

Jordi Amat bergabung dengan Johor Darul Tazim (JDT) (c) Instagram JDT

Indra Sjafri menjelaskan, ketika pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong meminta Jordi Amat untuk dinaturalisasi, itu karena sang pemain berkarier di level tertinggi.

"Saat mau memulai naturalisasi itu, pertimbangannya adalah ia bermain di level kompetisi lebih baik," tutur Indra Sjafri.

"Meskipun Jordi Amat bermain di Malaysia, bukan berarti menurunkan kualitasnya," lanjut mantan pelatih timnas U-22 dan timnas U-19 itu.

JDT memang bukan klub sembarangan. Tim berjuluk Harimau Selatan itu mempunyai fasilitas super lengkap sebagai tim dari Asia.

2 dari 2 halaman

Pro dan Kontra

Trio naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama (c) Bola.com/Adreanus Titus

Trio naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama (c) Bola.com/Adreanus Titus

Harimau Selatan juga menjadi langganan Liga Champions Asia (LCA). Terkini, mereka melaju ke babak 16 besar. JDT juga menjadi juara delapan musim berturut-turut Liga Super Malaysia.

Indra Sjafri memaklumi kekecewaan sebagian netizen yang tidak setuju dengan keputusan Jordi Amat meninggalkan Eropa untuk bermain di Malaysia.

"Saya memahami apa yang disampaikan masyarakat, apalagi ini bermain untuk JDT di Malaysia, dan ini bisa menjadi dampak psikologis," terang Indra Sjafri.

"Sekarang ada yang pro, ada yang kontra. Bagaimana sikap resmi PSSI, mungkin dalam beberapa hari ke depan bakal disampaikan," imbuhnya.

Disadur dari: Bola.com/Muhammad Adiyaksa/Wiwig Prayugi, 30 Juni 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR