BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Indonesia, Wakil ASEAN Pertama yang Tersingkir dari Putaran Kedua

20-11-2019 09:10 | Gia Yuda Pradana

Indonesia saat dikalahkan Malaysia pada pertemuan pertama di SUGBK (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan Indonesia saat dikalahkan Malaysia pada pertemuan pertama di SUGBK (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Timnas Indonesia ditekuk tuan rumah Malaysia di laga kelima Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Selasa (19/11/2019). Di Stadion Nasional, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Tim Garuda menyerah 0-2.

Indonesia pun menjadi wakil ASEAN (Asia Tenggara) pertama yang tersingkir dari persaingan menuju ke putaran ketiga.

Hasil ini juga memastikan Timnas Indonesia tak bisa lolos langsung ke putaran final Piala Asia 2023 yang bakal digelar di China.

Hingga matchday kelima, Tim Garuda masih nirpoin akibat selalu kalah. Yanto Basna dkk. terpuruk jadi juru kunci klasemen Grup G, hanya mampu memasukkan tiga gol serta kebobolan 16 gol.

Meski masih menyisakan tiga pertandingan lagi pada tahun depan, masing-masing melawan Thailand (26/3/2020), menjamu Uni Emirat Arab (30/3/2019), dan menghadapi Vietnam (4/6/2020), perolehan poin Indonesia sudah tak bisa lagi mengejar tim-tim yang ada di atasnya.

1 dari 3 halaman

Yang Lain Masih Berpeluang

Selain Indonesia, ada tujuh negara ASEAN lain yang ikut serta dalam putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Ada yang berjibaku dari putaran pertama, seperti Malaysia (Grup G) dan Kamboja (Grup C).

Yang lain, termasuk Indonesia, langsung beraksi mulai putaran kedua, yakni Vietnam (Grup G), Thailand (Grup G), Filipina (Grup A), Myanmar (Grup F), dan Singapura (Grup D).

Bisa ditebak, hingga matchday kelima, negara-negara ASEAN lain sudah berhasil mengumpulkan poin. Terbanyak adalah Vietnam dengan poin 11, disusul Malaysia (9), dan Thailand (8), Singapura (7), Filipina (7), Myanmar (6), dan bahkan Kamboja (1).

Padahal, beberapa negara seperti Singapura, tergabung di grup berat karena harus menghadapi tim-tim kuat seperti Uzbekistan, Arab Saudi, Yaman hingga Palestina.

Begitu pula Kamboja yang harus meladeni Irak, Iran, Bahrain, serta Hong Kong, dan Myanmar yang harus berhadapan dengan Jepang, Kirgizstan, Tajikistan, serta Mongolia.

Hasil ini tentu memalukan, mengingat Kamboja sekalipun, negara yang selama ini prestasi sepak bolanya dianggap di bawah Timnas Indonesia, dinyatakan FIFA-AFC masih memiliki peluang lolos ke putaran ketiga, meski nantinya hanya dari jalur runner-up terbaik, karena mengantongi poin satu, hasil bermain 1-1 kontra Hong Kong (5/9/2019).

2 dari 3 halaman

Sri Lanka Juga Tereliminasi

Dari perhitungan setelah laga kelima putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, FIFA-AFC juga memastikan Sri Lanka (Asia Selatan) tereliminasi menuju putaran ketiga, sama halnya Timnas Indonesia.

Sri Lanka, yang tergabung di Grup H, kalah bersaing dengan Turkmenistan, Korea Utara, Korea Selatan, dan Lebanon. Mereka belum meraup satu poin pun buntut kekalahan dalam lima pertandingan.

Sri Lanka jadi bulan-bulanan lantaran belum berhasil mencetak satu gol pun, namun sudah kebobolan 16 gol.

Persaingan menuju putaran ketiga masih akan berlanjut tahun depan. Meski dipastikan sudah tersingkir, Timnas Indonesia tetap wajib tampil maksimal untuk mencari poin perdana, dan berupaya mengakhiri putaran kedua ini tidak sebagai juru kunci Grup G.

3 dari 3 halaman

Kiprah Wakil-wakil ASEAN

Negara ASEAN ikut serta di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dan perolehan poin hingga laga kelima:

Vietnam (Grup G/poin 11, peringkat pertama), Malaysia (Grup G/9, peringkat kedua), dan Thailand (Grup G/8, peringkat ketiga), Singapura (Grup D/7, peringkat ketiga), Filipina (Grup A/7, peringkat ketiga), Myanmar (Grup F/6, peringkat keempat), Kamboja (Grup C/1, peringkat kelima), Indonesia (Grup G/0, peringkat kelima).

Disadur dari: Bola.com/Penulis Aning Jati/Editor Benediktus Gerendo Pradigdo

Published: 20 November 2019

KOMENTAR