Indonesia 4-0 Filipina, Penampilan Terbaik Ricky Kambuaya di SEA Games 2021

Asad Arifin | 14 Mei 2022, 10:13
Aksi Ricky Kambuaya bersama Timnas Indonesia pada ajang SEA Games 2021 (c) Ihkwan Yanuar
Aksi Ricky Kambuaya bersama Timnas Indonesia pada ajang SEA Games 2021 (c) Ihkwan Yanuar

Bola.net - Ricky Kambuaya memang tidak mencetak gol saat Timnas Indonesia menang 4-0 atas Filipina pada laga ketiga Grup A SEA Games 2022. Tapi, pada laga di Viet Tri Stadium, Jumat (14/5/2022) itu, Ricky Kambuaya menunjukkan performa gemilang.


Empat gol tim berjulukan Garuda Muda itu dicetak oleh Muhammad Ridwan pada menit ke-18, Rizky Ridho menit ke-44, Egy Maulana Vikri menit ke-74, dan tendangan penalti Marselino Ferdinan menit ke-85.

Kambuaya memang tidak mencatatkan namanya di papan skor ketika berhadapan dengan Filipina, namun gelandang gres Persib Bandung itu tetap disanjung oleh pelatih Shin Tae-yong.

Kambuaya bermain agresif di lini tengah Timnas Indonesia U-23. Pemain berusia 26 tahun itu menjadi petarung sekaligus penggerak permainan Garuda Muda.

"Secara keseluruhan, performa Kambuaya memang sangat baik," imbuh Shin Tae-yong dalam konferensi pers seusai bertanding.

"Dari tiga pertandingan Timnas Indonesia U-23, melawan Filipina adalah penampilan terbaik dari Kambuaya," jelas Shin Tae-yong. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Selalu Pemain Inti

Kambuaya tidak pernah absen dalam partai Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Eks pemain Persebaya Surabaya itu bahkan selalu menjadi starter.

Kemenangan atas Filipina membuat Timnas Indonesia U-23 merangkak naik ke peringkat kedua klasemen sementara Grup A. Garuda Muda meraup enam poin dari dua pertandingan.

Timnas Indonesia U-23 tertinggal satu angka dari Vietnam selaku pimpinan grup. Garuda Muda punya poin yang sama dengan Myanmar di posisi ketiga, namun unggul selisih gol.

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Myanmar dalam partai terakhir Grup A. Garuda Muda tinggal membutuhkan hasil imbang untuk melenggang ke babak semifinal SEA Games 2021

2 dari 3 halaman

Laga Terakhir Lawan Myanmar

Duel Ricky Kambuaya dengan pemain lawan pada laga Vietnam vs Indonesia di Grup A SEA Games 2021 (c) PSSI

Timnas Indonesia U-23 kini punya peluang cukup besar untuk bisa melangkah ke semifinal sepak bola SEA Games 2021. Namun, partai hidup dan mati harus dijalani Egy Maulana Vikri dkk. dalam laga menghadapi Myanmar pada Minggu (15/5/2022).

Kemenangan 4-0 atas Filipina yang diraih oleh Timnas Indonesia U-23 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (13/5/2022) sore, sempat membawa Tim Garuda Muda melesat dari peringkat keempat untuk menempati puncak klasemen Grup A sepak bola SEA Games 2021.

Namun, pada akhirnya Tim Garuda Muda tergeser ke peringkat kedua setelah Vietnam menang 1-0 atas Myanmar pada Jumat malam. Vietnam kini memiliki tujuh poin di puncak klasemen, unggul satu poin dari Timnas Indonesia U-23 dan Myanmar yang sama-sama punya enam poin di peringkat kedua dan ketiga.

Kini persaingan di Grup A sepak bola SEA Games 2021 hanya melibatkan ketiga tim tersebut, di mana Timor Leste dan Filipina sama-sama sudah dipastikan tersingkir setelah kalah dari Timnas Indonesia U-23.

3 dari 3 halaman

Klasemen Grup A SEA Games 2021

Klasemen Grup A SEA Games 2021 (c) AP PhotoKlasemen Grup A SEA Games 2021 (c) AP Photo

Disadur dari Bola.com: Muhammad Adiyaksa/Wiwig Prayugi, 14 Mei 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR