Ikhsan Fandi, Si Nomor 9 Pembobol Gawang Timnas Indonesia di Semifinal Piala AFF

Asad Arifin | 23 Desember 2021, 08:28
Penyerang Timnas Singapura, Ikhsan Fandi, usai membobol gawang Indonesia pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020 (c) AP Photo
Penyerang Timnas Singapura, Ikhsan Fandi, usai membobol gawang Indonesia pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Timnas Indonesia harus puas dengan skor imbang 1-1 dari Singapura pada laga semifinal Piala AFF 2020. Adalah Ikhsan Fandi yang mencatatkan namanya sebagai pencetak gol untuk kubu The Lions.


Laga Singapura vs Indonesia digelar di National Stadium, Rabu (22/12/2021) malam WIB. Pada babak pertama, laga berada dalam kendali Indonesia. Lini belakang solid dan lini depan tampil tajam.

Indonesia unggul pada menit ke-28 dari aksi Witan Sulaeman, yang memanfaatkan kegigihan Asnawi Mangkualam. Tapi, pada babak kedua, tepatnya menit ke-70, Singapura mampu mencetak gol dari aksi Ikhsan Fandi.

1 dari 3 halaman

Sang Nomor 9

Ikhsan Fandi sejak awal banyak memberi teror bagi pertahanan Indonesia. Tapi, pada babak pertamanya, aksinya tak cukup membahayakan. Dia tidak punya banyak ruang untuk bergerak.

Pada babak kedua, Ikhsan Fandi sering bergerak melebar untuk menerima bola. Dia beberapa kali terlibat duel satu lawan satu dengan Elkan Baggott. Ikhsan Fandi sangat penting di lini depan, terutama pada babak kedua.

"Ikhsan Fandi adalah No. 9 kita. Kemampuannya sebagai striker penting bagi pemain lain," ucap pelatih Singapura Tatsuma Yoshida dikutip dari ESPN.

"Ketika dia mencetak gol, itu memotivasi anggota tim lainnya dan itu membuat kami bermain dengan kepala lebih tinggi. Golnya hari ini lebih dari sekadar gol," tegas pelatih asal Jepang itu.

2 dari 3 halaman

Baru Saja Pindah Klub

Ikhsan Fandi menjadi salah satu talenta besar yang dimiliki Timnas Singapura. Pemain 22 tahun itu adalah anak dari legenda Singapura, Fandi Ahmad. Dua saudaranya juga bermain untuk Timnas Singapura.

Satu fakta unik terjadi terkait Ikhsan Fandi jelang duel melawan Indonesia. Sebab, sebelum bermain melawan Timnas Indonesia, dia meresmikan transfer ke klub Thailand, BG Pathum United.

Sebelum bermain untuk BG Pathum United, Ikhsan Fandi membela dua klub kasta tertinggi Norwegia. Ikhsan Fandi bermain untuk klub Raufoss pada 2019 hingga 2020. Setelah itu, dia pindah ke FK Jerv dan bermain secara reguler.

3 dari 3 halaman

Jadwal Leg Kedua Semifinal Piala AFF

Sabtu, 25 Desember 2021

Timnas Indonesia vs Singapura
National Stadium, Kallang
Kick-off: pukul 19.30 WIB
Siaran langsung: RCTI
Live streaming: Vidio
Link live streaming: https://m.vidio.com/categories/215-aff-suzuki-cup

Sumber: ESPN

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR