Hasil Piala AFF U-16 2022: Lewati Parkir Bus Myanmar dan Adu Penalti, Indonesia Lolos ke Final

Serafin Unus Pasi | 10 Agustus 2022, 22:08
Timnas Indonesia U-16 merayakan gol M.Riski Afrisal ke gawang Myanmar, Rabu (10/8/2022) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
Timnas Indonesia U-16 merayakan gol M.Riski Afrisal ke gawang Myanmar, Rabu (10/8/2022) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Timnas Indonesia U-16 berhasil memastikan diri lolos ke final Piala AFF U-16 2022. Berhadapan dengan Myanmar U-16, Skuat Garuda lolos ke Final setelah menang melalui babak adu penalti dengan skor 5-4 setelah di babak normal pertandingan sama kuat 1-1.

Timnas Myanmar membuka keunggulan di partai ini berkat gol Nay Min Htet di akhir babak pertama. M Riski Afrisal menyamakan kedudukan bagi Garuda Nusantara di pertengahan babak kedua.

Bermain di depan ribuan loyalis mereka, Skuat Garuda tampil menekan sejak awal laga. Anak asuh Bima Sakti itu tampil agresif dalam menyerang pertahanan Myanmar.

Myanmar memilih bermain pragmatis di babak pertama ini. Mereka menumpuk pemain di area pertahanan mereka sehingga mereka membuat skuat Garuda Asia cukup frustrasi saat menyerang.

Indonesia yang tampil dominan kesulitan untuk menembus pertahanan rapat Myanmar. Sementara Myanmar sesekali melakukan serangan balik yang tidak terlalu membahayakan gawang Indonesia.

Namun ternyata petaka hadir ke gawang Indonesia di akhir babak pertama. Berawal dari serangan balik, Andrika berusaha menghalau bola yang mengarah ke gawangnya. Sialnya bola jatuh ke kaki Nay Min Htet yang tidak terkawal dan sang pemain sukses membobol gawang Indonesia. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Simak jalannya pertandingan di babak kedua di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Babak Kedua

Di babak kedua, situasi pertandingan tidak banyak berubah. Indonesia masih mendominasi jalannya pertandingan, sementara Myanmar memilih bermain pragmatis.

Indonesia yang kesulitan membongkar pertahanan Indonesia banyak mengandalkan tembakan jarak jauh dan juga bola-bola mati, namun mereka masih kesulitan untuk menyamakan kedudukan.

Di menit ke-69, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Mendapatkan tendangan bebas di dekat kotak penalti, Afrisal yang ditunjuk sebagai eksekutor sukses menyarangkan bola ke gawang Myanmar. Skor berubah menjadi 1-1.

Gol Afrisal ini membuat Garuda Asia semakin bersemangat. Anak asuh Bima Sakti itu mulai membombardir gawang Mynmar.

Ada satu peluang emas Indonesia di sisa babak kedua. Ialah Nabil yang melakukan tendangan salto di depan gawang Myanmar, namun bola mengenai mistar gawang.

Jual beli serangan terus berlanjut, namun skor 1-1 bertahan dan pertandingan harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

2 dari 4 halaman

Babak Adu Penalti

Berdasarkan hasil undian, Timnas Myanmar mendapatkan kesempatan untuk menendang bola lebih dahulu. Sementara Indonesia memilih lokasi gawang.

Tiga penendang pertama Myanmar dan Indonesia sama-sama melakukan tugas mereka dengan baik. Sehingga kedudukan sama kuat 3-3.

Penendang keempat Myanmar Shine Wanna Aung gagal melakukan tugasnya. Andrika berhasil menghentikan sepakannya. Sementara penendang keempat Indonesia, Afrisal sukses melakukan tugasnya dengan baik.

Penendang kelima Myanmar berhasil memasukkan bola. Namun eksekutor terakhir Indonesia, Nabil juga melakukan tugasnya dengan baik. Sehingga Garuda Nusantara menang adu penalti dengan skor 5-4.

3 dari 4 halaman

Jumpa Vietnam

Keberhasilan Indonesia memenangkan partai semifinal ini membuat Garuda Nusantara akan berjumpa lagi dengan Vietnam di Final. Vietnam sudah lolos lebih dahulu setelah menaklukkan Thailand di babak semifinal.

Di pertemuan terakhir grup A, Indonesia mampu menang dengan skor 2-1. Jadi Garuna Nusantara akan membidik kemenangan di partai final tersebut.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain Kedua Tim

Timnas Indonesia U-16: Andrika; Ridzjar, Zaky, Iqbal, Habil; Akbar, Kafiatur, Tegar, Nabil; Afrisal, Arkhan Kaka

Pelatih: Bima Sakti

Timnas Myanmar U-16: Sai Thi Ha Nang; Thura Zaw, Myat Phone Khant, Htoo Wai Yan Lin Thet Oo; Han Tun Zaw, Nay Min Thet, Aung Zaw Myo, Khon Choo Htoo; Kaun Htet, Shine Wanna Aung

Pelatih: Aung Zaw Myo

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR