Hasil Piala AFF U-16 2022: Bungkam Vietnam, Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal

Aga Deta | 6 Agustus 2022, 21:59
Lambang Garuda Pancasila pada kostum timnas Indonesia. (c) PSSI
Lambang Garuda Pancasila pada kostum timnas Indonesia. (c) PSSI

Bola.net - Timnas Indonesia U-16 berhasil mengalahkan Timnas Vietnam U-16 dengan skor 2-1 dalam duel Piala AFF U-16 2022, Sabtu (6/8/2022) malam WIB.

Bermain di Stadion Maguwoharjo, Garuda Muda sempat tertinggal melalui penalti Nguyen Cong Phuong. Namun pasukan Bima Sakti mampu membalikkan keadaan melalui Arkhan Putra dan Muhammad Nabil Asyura.

Hasil ini mengantarkan Timnas Indonesia menjadi juara Grup A dengan koleksi sembilan poin dari tiga laga. Mereka pun berhak lolos ke semifinal.

Semetara itu, Vietnam berada di peringkat kedua. Tim asuhan Nguyen Quoc Tuan mengumpulkan enam poin dari tiga laga.

1 dari 3 halaman

Jalannya Pertandingan

Tampil di depan pendukung mereka sendiri, Timnas Indonesia mencoba untuk mengambil inisiatif serangan. Permainan menyerang mereka diladeni secara terbuka oleh Vietnam.

Beberapa peluang berhasil diciptakan Timnas Indonesia. Salah satunya lewat tendangan Tegar di menit ke-18 yang masih bisa ditangkap dengan baik oleh kiper lawan.

Mokh Hanif Ramadhan mencoba peruntungannya di menit ke-32. Namun, sepakan jarak jauhnya masih bisa diamankan dengan mudah oleh Pham Dinh Hai

Menit ke-42, kubu Indonesia mendapat bencana setelah wasit menunjuk titik putih. Vietnam mendapatkan penalti setelah Le Dinh Long Vu dilanggar di kotak terlarang.

Penalti berhasil dieksekusi dengan baik oleh kapten Vietnam Nguyen Chuong Phong. Skor 1-0 untuk keunggulan Vietnam bertahan hingga babak pertama usai.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia tampil dengan semangat tinggi. Mereka punya hasrat yang besar untuk mencetak gol di awal babak kedua ini.

Usaha Timnas Indonesia untuk menyamakan kedudukan akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-52. Arkhan Putra mencatatkan namanya di papan skor melalui sundulan.

Menit ke-55, Timnas Indonesia bisa berbalik unggul 2-1. Muhammad Nabil Asyura berhasil menjebol gawang Vietnam lewat skema serangan balik.

Setelah unggul, Timnas Indonesia tidak mengendurkan serangan untuk mengejar gol berikutnya. Sayangnya, bintang muda Indonesia kurang efektif dalam penyelesaian akhir.

Tidak ada gol tambahan hingga ujung laga. Wasit pun meniup peluit panjang. Skor 2-1 untuk kemenangan Indonesia.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-16

Andrika Fathir Rachman; Rizdjar Nurviat Subagja, M Iqbal Gwijangge, Habil Abdillah Yafi Prasasti Akbar, Sulthan Zaky Pramana; Mokh Hanif Ramadhan, Muhammad Kafiatur Rizky, Narendra Tegar Islami, M Riski Afrisal; Arkhan Kaka Putra, Muhammad Nabil Asyura.

Timnas Vietnam U-16

Pham Dinh Hai; Khuc Trung Hieu, Nguyen Huu Trong, Nguyen Luong Tuan Khai, Nguyen Cong Phuong, Nguyen Trong Tuan, Le Dinh Long Vu, Le Van Thuan, Huynh Van Danh, Buo Hoang Son, Phan Thanh Duc Thien.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR