BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Hasil pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Makedonia Utara: Skor 4-1

11-10-2020 21:49 | Dimas Ardi Prasetya

Timnas Indonesia U-19 (c) dok. PSSI Timnas Indonesia U-19 (c) dok. PSSI

Bola.net - Timnas Indonesia U-19 menghajar Makedonia Utara dengan skor 4-1 di laga uji coba di Stadion NL Junak Sinj, Split, pada Minggu (11/10/2020).

Timnas Indonesia U-19 dalam tren positif jelang laga ini. Sebab mereka sebelumnya berhasil menang atas NK Dugopoljie dengan skor telak 3-0.

Pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Makedonia Utara ini berlangsung dengan tempo cukup cepat. Skuat Shin Tae-yong tampil lebih apik dari tim lawan.

Gol-gol Timnas Indonesia U-19 dihasilkan oleh Witan Sulaeman, Jack Brown, dan Irfan Jauhari. Brown sukses mencuri perhatian dengan mengemas brace di pertandingan ini meski masuk sebagai pemain pengganti.

Laga ini juga jadi laga yang berkesan dan bersejarah bagi Elkan Baggott. Sebab ini adalah laga debutnya bersama Timnas Indonesia U-19. Ia dimainkan sejak menit pertama oleh coach Shin Tae-yong.

Babak Pertama

Timnas Indonesia U-19 tampil menekan begitu laga babak pertama dimulai. Peluang langsung didapat Jauhari, yang bisa menanduk bola hasil tendangan bebas Witan di sisi kanan gawang Makedonia U-19, kurang dari semenit laga berjalan. Sayang bola meleset tipis di samping gawang lawan.

Peluang didapat lagi pada menit keempat di dalam kotak penalti Makedonia. Kali ini melalui lemparan ke dalam Arhan. Namun sayang bola tandukan salah satu pemain Merah Putih gagal mengarah ke gawang.

Pada menit kedelapan, Arhan berhasil mendobrak sisi kanan pertahanan Makedonia dan mengirim umpan tarik ke depan kotak penalti. Namun sayang tendangan Witan masih lemah meski mengarah ke gawang dan bisa diantisipasi dengan mudah oleh kiper Makedonia.

Timnas Indonesia U-19 akhirnya mencetak gol pada menit ke-13. Serangan apik dari Saddam dan Fatari membuat Witan bisa menembus kotak penalti Makedonia dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper lawan. Dengan tendangan kaki kirinya, ia bisa menjebol gawang lawan setelah bola sempat membentur tiang sebelah kanan. 1-0.

Pada menit ke-19, peluang didapat lagi di depan gawang Makedonia. Witan melepas umpan silang matang ke kotak penalti. Namun Saddam gagal menyundul bola dengan tepat.

Sayangnya pada menit ke-20, Braif Fatari terpaksa ditarik keluar karena mengalami cedera di kaki kanannya. Ia digantikan oleh Jack Brown.
permainan kemudian berlangsung cukup alot. Makedonia berusaha untuk bermain lebih agresif namun mereka kesulitan untuk menghasilkan peluang berbahaya di gawang Merah Putih. Mereka pun kemudian terlihat makin frustrasi seiring berjalannya laga dan mulai melakukan pelanggaran-pelanggaran untuk menghentikan pergerakan pemain-pemain Garuda Muda.

Pada menit ke-43, Saddam sukses menyundul bola dari lemparan ke dalam Arhan. Namun bola masih melambung dari sasaran.

Pada akhirnya, sampai laga babak pertama berakhir, tak ada lagi gol tercipta. Timnas Indonesia U-19 untuk sementara unggul 1-0 atas Makedonia Utara.

1 dari 2 halaman

Babak Kedua

Di babak kedua Makedonia Utara berinisiatif untuk tampil lebih agresif. Hal ini berimbas positif.

Mereka mendapat hadiah penalti dua menit setelah laga berlangsung. Awalnya penalti Adisatryo bisa menepis eksekusi penalti Tsodorov. Namun sayang penalti terpaksa diulang karena ada pemain Merah Putih yang masuk ke kotak penalti sebelum eksekusi dilakukan.

Tsodorov berhasil memaksimalkan penalti kedua ini. Arah bola sebenarnya bisa Adisatryo, sayang bola melaju lebih deras. 1-1.

Untungnya Timnas Indonesia U-19 akhirnya bisa kembali unggul pada menit ke-58. Umpan sepak pojok Witan berhasil ditanduk Jack Brown namun masih bisa dihalau barisan belakang lawan. Bola bergulir liar, namun bisa disambar lagi oleh Brown dengan tendangan kaki kanannya. Gol! 2-1.

Pada menit ke-69, Bagas melakukan tusukan ke kotak penalti Makedonia Utara. Ia kemudian memberikan umpan tarik pada Jack Brown, yang menuntaskan umpan itu dengan tendangan keras kaki kanannya. Gol! 3-1.

Pada menit ke-83, timnas Indonesia U-19 menambah perbendaharaan golnya. Setelah memenangi perebutan bola dengan pemain lawan, Beckham Putra melepas tendangan keras dari luar kotak penalti.

Bola gagal diantisipasi kiper lawan dengan baik dan bola rebound kemudian disambar dengan tendangan kaki kiri Irfan Jauhari. 4-1.

Timnas Indonesia U-19 tak bisa menambah keunggulannya lagi sampai babak kedua berakhir. Meski demikian mereka akhirnya tetap bisa menang dengan skor 4-1 atas Makedonia Utara.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-19: Muhammad Adisatryo; Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, David Maulana, Mohammad Kanu, Irfan Jauhari; Saddam Gaffar, Braif Fatari.

Pelatih: Shin Tae-yong

Makedonia Utara: Kire Novakov; Filip Kostovski, Abin Saiti, Slave Markoski, Viktor Krstevski; Behar Feta, Ljavdrim Ljatifi, Dimitar Todorovski, Hamza Ramani; Mario Ilievski, Leonid Ignjatov.

KOMENTAR