BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Hasil Pertandingan Timnas indonesia u-19 vs Bosnia Herzegovina U-19: Skor 0-1

25-09-2020 22:53 | Dimas Ardi Prasetya

Timnas Indonesia U-19 (c) dok. PSSI Timnas Indonesia U-19 (c) dok. PSSI

Bola.net - Timnas Indonesia U-19 tumbang 0-1 saat melawan Bosnia Herzegovina U-19 di Stadion Igraliste NK Polet, Jumat (25/9/2020) malam WIB.

Pertandingan berlangsung dengan tempo sedang. Bosnia lebih dominan dalam penguasaan bola khususnya di babak pertama.

Hal ini bisa dimaklumi. Sebab timnas Indonesia U-19 melakukan rotasi pemain secara signifikan. Pemain seperti Bagas Kaffa, Brylian Aldama, Pratama Arhan, hingga Witan Sulaeman dicadangkan.

Namun situasi berubah di babak kedua. Timnas Indonesia U-19 bisa mendominasi penguasaan bola setelah memainkan para pemain intinya.

Bosnia U-19 sendiri bisa unggul berkat gol bunuh diri Komang Tri. Namun mereka juga kehilangan satu pemain yakni Amar Drina karena mendapat kartu merah langsung.

Babak Pertama

Pelatih Timnas Indonesia U-19 memainkan sejumlah pemain cadangannya. Skuat Merah Putih awalnya mencoba menyerang dengan mengandalkan umpan-umpan pendek yang cepat demi mengatasi keunggulan fisik pemain Bosnia.

Peluang sempat didapat pada menit ke-13. Namun Andre gagal memaksimalkan peluang yang didapatnya karena bola tendangannya sedikit melenceng ke samping gawang Bosnia.

Bosnia kemudian bisa mencetak gol pada menit ke-19. Berawal dari tendangan Ivan Basic di sayap kanan, bola gagal diblok sempurna oleh Komang Tri dan terus melaju ke gawang tanpa bisa dihalau kiper Erlangga. 0-1.

Tempo permainan kemudian melambat. Hal ini tampaknya tak lepas dari hujan yang mengguyur stadion. Hal ini membuat Bosnia di atas angin karena mereka kemudian bisa mengandalkan bola-bola atas.

Beberapa peluang sempat didapat oleh Bosnia. Namun demikian mereka tak bisa mencetak gol tambahan. Begitu juga dengan Timnas Indonesia U-19.

Babak pertama pun berakhir dengan skor 0-1 untuk keunggulan timnas Bosnia U-19 atas Indonesia U-19.

1 dari 2 halaman

Babak Kedua

Di babak kedua, Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain besar-besaran. Permainan pun menjadi sedikit berubah.

Bosnia tak lagi bisa leluasa menyerang area permainan skuat Garuda Muda. Laga pun berjalan cukup alot.

Pada menit ke-64 Skuat Merah Putih mendapatkan keunggulan di atas lapangan. Pasalnya satu pemain lawan yakni Amar Drina diusir keluar oleh wasit. Ia kedapatan menyikut dada Jauhari.

Situasi ini membuat skuat Indonesia U-19 bisa sering menguasai bola. Sementara Bosnia lebih sering bermain lebih bertahan.

Beberapa serangan Indonesia berhasil menembus masuk kotak penalti Bosnia, terutama melalui tusukan Witan Sulaeman. Bahkan ia sempat mendapat peluang apik di pertengahan babak kedua. Sayang ketika sudah di dekat gawang, bola sepakannya melayang di atas sasaran.

Seiring berjalannya waktu, skuat Indonesia U-19 terus bekerja keras untuk bisa membongkar pertahanan lawan. Namun mereka kesulitan karena Bosnia bermain bertahan. Pemain Garuda pun sulit menemukan celah untuk bisa menusuk ke kotak penalti.

Pada akhirnya sampai duel berakhir, tak ada gol yang tercipta. Timnas Indonesia U-19 pun kalah 0-1 dari Bosnia-Herzegovina U-19.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-19 (4-4-2): Erlangga Saputra, Bayu Fikri, Ahmad Rusadi, Komang Tri, Yudha Febrian, Andi Irfan, Andre Oktaviansyah, David Maulana, Sandi Arta, Jack Brown, M. Bahril Faresa.

Pelatih: Shin Tae-yong

KOMENTAR