Hasil Pertandingan Indonesia U-23 vs Australia U-23: Skor 2-3

Dimas Ardi Prasetya | 26 Oktober 2021, 20:55
Penyerang Timnas Indonesia U-23, Bagus Kahfi dikawal pemain Australia U-23, Selasa (26/10/2021) (c) Dok. PSSI

Bola.net - Timnas Indonesia U-23 kalah tipis dari Australia U-23 di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 di Republican Central Stadium, Dushanbe, Tajikistan, Selasa (26/10/2021) malam WIB.


Timnas Indonesia U-23 tampil tak sesuai harapan. Lini serang kurang greget sementara lini tengah tak bisa memberikan support yang dibutuhkan lini belakang dan depan.

Gol-gol Indonesia U-23 dicetak Witan Sulaeman dan Taufik Hidayat. Sementara gol-gol Australia U-23 dihasilkan Mark Tokich, Patrick Wood, dan Jacob Italiano.

Baca laporan jalannya pertandingan di bawah ini Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Babak Pertama

Australia U-23 langsung bermain dengan pressing tinggi. Namun Indonesia U-23 mampu bermain dengan tenang. Mereka menggulirkan bola dengan tenang ke depan.

Sayangnya blunder dilakukan penggawa timnas. Pada menit keempat, Australia dihadiahi penalti setelah satu pemainnya yakni Lewis Miller dilanggar Rumakiek di kotak penalti. Namun eksekusi Patrick Wood ke pojok kanan bawah bisa dihentikan oleh Ernando!

Menit keenam, Australia menekan lagi dari kanan dan menusuk masuk ke kotak penalti. Bola akhirnya bisa ditendang Italiano namun masih bisa ditepis oleh Ernando.

Australia kemudian coba terus meneror dari sayap kanan. Di sisi lain Indonesia U-23 juga berusaha menyerang dari sisi sayap kanan pula. Sayangnya serangan-serangan mereka kerap gagal sebelum masuk kotak penalti.

Menit ke-16 Australia melancarkan serangan berbahaya lagi ke pertahanan Indonesia U-23. Satu pemain di sayap kiri akhirnya mendapat kesempatan melepas tembakan dari jarak dekat. Namun lagi-lagi Ernando masih bisa menggagalkan peluang tersebut. Meski demikian, serangan dari lawan ternyata terperangkap offside dahulu.

Dua menit kemudian, Australia kembali mengancam pertahanan Indonesia melalui aksi individu Lachlan Brook dengan tendangan kaki kirinya. Namun bola masih mengarah tepat ke pelukan Ernando.

Australia kemudian beberap kali terus mengancam gawang Garuda Muda. Namun belum ada peluang yang benar-benar berbahaya. Di sisi lain serangan Witan dkk masih terus patah di tengah jalan. Lini tengah terlihat absen, termasuk saat bertahan, sementara lini serang kesulitan untuk bisa menahan bola.

Menit ke-39, peluang kembali didapat Australia. Bayew berhasil masuk ke kotak penalti namun bola tendangannya bisa diblok pertahanan Indonesia dan bola liar bisa diamankan Ernando.

Australia U-23 terus menekan jelang laga babak pertama. Namun mereka kesulitan menjebol pertahanan Indonesia U-23. Babak ini pun berakhir 0-0.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Indonesia U-23 berusaha tampil lebih baik. Mereka berusaha menggebrak lebih dahulu. Namun mereka masih kesulitan menembus benteng pertahanan Australia U-23.

Sayangnya Garuda Muda malah kebobolan lebih dahulu. Pada menit ke-52, gawang Ernando dijebol tandukan Mark Tokich. Ia dengan bebas menyambut bola hasil freekick dengan tandukannya. Ernando sempat menahan bola namun bola masih bisa lepas dan bergulir melewati gawang. 0-1.

Indonesia diancam lagi pada menit ke-53 melalui tendangan keras Fabian Monge. Namun bola masih bisa diblok Ernando.

Menit ke-58, Indonesia U-23 kembali kebobolan. Kali ini melalui tendangan Patrick Wood. Ia dengan mudah menjebol gawang yang sudah tak bertuan. 0-2.

Indonesia U-23 berusaha menekan. usaha mereka kemudian membuahkan hasil pada menit ke-67.

Garuda Muda menekan melalui Rumakiek dari lini tengah. Bola diberikan pada Saghara yang kemudian mengumpan pada Witan di sayap kiri. Witan kemudian menusuk masuk ke tengah dan melepas tendangan kaki kiri terukur ke pojok kanan atas gawang Australia U-23 dan gol! Gol yang apik! 1-2!

Namun menit ke-77, Australia bisa mencetak gol lagi. Jacob Italiano melakukan aksi individu di lini tengah melewati beberapa pemain. Dari luar kotak penalti ia melepas tendangan keras ke pojok kiri gawang Indonesia. Ernando terbang namun gagal menjangkau bola. Si kulit bundar membentur tiang dulu sebelum masuk gawang. 1-3.

Dua menit kemudian Australia nyaris mencetak gol lagi. Wood melepas tendangan dari ujung kotak penalti. Untungnya bola cuma mengenai tiang gawang sebelah kiri.

Indonesia tak menyerah meski tertinggal. Usaha mereka membuahkan hasil pada menit ke-83. Taufik menerima bola hasil tendangan Mandowen di dalam kotak penalti. Ia disangka berada dalam posisi offside tapi ternyata tidak. Dengan cocoran kaki kanannya, ia bisa menjebol gawang Australia. 2-3!

Indonesia U-23 berusaha untuk mencetak gol sekali lagi. Bahkan Shin Tae-yong menambah amunisi dengan memasukkan Ronaldo Kwateh. Namun sayangnya sampai laga berakhir mereka tak bisa mencetak gol balasan ketiga ke gawang Australia U-23. Garuda Muda pun dipaksa tumbang 2-3.

Setelah ini Indonesia U-23 akan berduel lawan Australia U-23 di laga kedua. Pertandingan ini akan dilangsungkan pada Jumat, 29 Oktober 2021.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Indonesia U-23: Ernando; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Dewangga, Pratama Arhan; Rahmat Irianto, Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, Witan Sulaeman; Bagus Kahfi, Hanis Saghara.

Pelatih: Shin Tae-yon

Australia U-23: Nick Suman; Lewis Miller, Jordan Bos, Jordan Courtney-Perkins, Marc Tokich; Jacob Italiano, Fabian Monge, Luke Duzel, Lachlan Brook; Adisu Bayew, Patrick Wood.

Pelatih: Trevor Morgan

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR