Haruna Soemitro Pastikan Shin Tae-yong Tetap Latih Timnas Indonesia Sampai Kontraknya Habis

Dimas Ardi Prasetya | 18 Januari 2022, 17:46
Haruna Soemitro dan Shin Tae-yong (c) PSSI
Haruna Soemitro dan Shin Tae-yong (c) PSSI

Bola.net - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Haruna Soemitro mengatakan bahwa Shin Tae-yong dipastikan tak bakal dipecat dan terus melatih Timnas Indonesia sampai kontraknya berakhir.


Shin Tae-yong menandatangani perjanjian selama empat tahun dengan PSSI pada Desember 2019. Arsitek asal Korea Selatan itu didapuk sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia. Kontraknya baru kedaluwarsa pada Desember 2023.

PSSI dan Shin Tae-yong telah menggelar rapat evaluasi pasca-Piala AFF 2020. Pada pertemuan internal itu, Haruna mengkritik Shin Tae-yong. Dia meminta pelatih berusia 51 tahun itu untuk tidak lagi membawa Timnas Indonesia menjadi runner-up di Piala AFF 2022.

Di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia gagal menjadi yang terbaik seusai dibekap Thailand dengan agregat 2-6 di final. Pencapaian tim berjuluk Skuad Garuda itu cukup menjanjikan mengingat bermodalkan banyak pemain muda minim pengalaman.

1 dari 2 halaman

Shin Tae-yong Bertahan Bersama Timnas Indonesia

Sebelumnya memang sempat ada tanda tanya soal masa depan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. Apalagi setelah mendapat kritikan dari Haruna Soemitro.

Namun akhirnya Haruna memastikan bahwa Shin Tae-yong akan tetap menangani skuat Garuda. Apalagi sebelumnya sudah ada garansi dari pihak PSSI.

"Kami tidak dalam konteks mengevaluasi dan kemudian memecat Shin Tae-yong. Sama sekali tidak," kata Haruna Soemitro dalam wawancaranya di YouTube Kompas TV pada Senin (17/1/2022).

"Sebab ada kesepakatan di Exco maupun PSSI bahwa Shin Tae-yong bertahan hingga kontraknya habis pada 2023. Itu ada jaminan yang diberikan PSSI kepada Shin Tae-yong. Soal kinerja, kami harus bersama-sama duduk bareng. Soal memberikan masukan kan itu biasa saja, tidak ada yang aneh," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Jadi Bulan-bulanan Netizen di Media Sosial

Haruna Soemitro blak-blakan menyentil kinerja Shin Tae-yong dalam podcast JPNN. Buntut dari blak-blakannya itu, pria berkaca mata ini menjadi bulan-bulanan di media sosial. Netizen menggaungkan tagar #HarunaOut di Twitter.

"Saya menyampaikan sesuatu atas tugas dan tanggung jawab sebagai Exco untuk memberikan masukan kepada Timnas Indonesia bahwa ada persolan yang sama-sama harus dibahas," terang Haruna.

"Dalam proses diskusi, itu biasa ada pro dan kontra. Hanya saja, yang saya harapkan adalah argumentasi dibalas dengan argumentasi."

"Jangan masuk ke ranah pribadi dan menyerang sifat-sifat pribadi. Akun Instagram anak dan istri saya diserang habis. Ini tidak berkarakter," jelas pria yang juga menjabat Direktur Madura United itu.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Muhammad Adiyaksa/Editor Wiwig Prayugi
Published: 18/01/2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR