Haruna Soemitro Diminta Out dari Exco PSSI, Iwan Bule: Zaman Demokrasi

Gia Yuda Pradana | 19 Januari 2022, 09:21
Haruna Soemitro, Mochamad Iriawan, dan Shin Tae-yong (c) PSSI
Haruna Soemitro, Mochamad Iriawan, dan Shin Tae-yong (c) PSSI

Bola.net - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan menanggapi banjir komentar warganet yang meminta Haruna Soemitro out dari Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini berdalih sekarang adalah era demokrasi.


Oleh karena itu, semua orang bebas berkomentar asalkan tidak mencaci maki atau menghina. Apa yang disampaikan warganet itu dianggap sebagai kritik biasa.

"Ini zaman demokrasi. Orang boleh berpendapat dan lain sebagainya," ujar Iwan Bule, kepada wartawan.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini juga aktif di media sosial. Kadang di kolom komentar juga banjir kritik, tetapi itu dianggap sebagai hal yang biasa.

Maka dari itu, tidak perlu ada yang dikhawatirkan. Semua tetap bekerja di wilayah masing-masing, termasuk Shin Tae-yong di tim kepelatihan Timnas Indonesia.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Kritik dari Haruna Soemitro

Haruna Soemitro dan Shin Tae-yong (c) PSSI

Seperti diketahui, Haruna Soemitro mendapat kecaman dari netizen. Penyebabnya karena dalam salah satu podcast ia menyebut permainan Timnas Indonesia biasa-biasa saja di tangan Shin Tae-yong, apalagi pencapaian maksimal baru sebatas runner-up Piala AFF.

Haruna Soemitro juga mengatakan dalam podcast itu bahwa Shin Tae-yong orangnya cepat tersinggung. Oleh karena itu, komunikasi antara PSSI dan pelatih asal Korea Selatan tersebut sering macet.

Apa yang dilontarkan Haruna Soemitro itu memancing reaksi netizen. Isyaratnya adalah muncul tanda pagar #HarunaOut, kemudian juga ada tagar yang membela Shin Tae-yong.

2 dari 2 halaman

Pastikan Shin Tae-yong Aman

Terima kasih sudah berjuang di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia (c) Bola

Iwan Bule menangkap, ada kekhawatiran dari netizen bahwa Shin Tae-yong akan dipecat. Padahal, itu keliru karena kontraknya sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia masih sampai 2023.

"Mungkin netizen atau publik berpikir Shin Tae-yong akan diganti. Itu yang saya tanggap. Tapi tidak begitu koridor berpikirnya," tutur Iwan Bule.

"Shin Tae-yong akan ada di posisinya sampai habis kontrak. Kalau tenyata performa Timnas Korea makin bagus, kontrak itu akan diperpanjang," imbuhnya.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR