BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Gelar TC Dua Pekan, Ini Tujuan Timnas Indonesia

15-08-2019 10:34 | Gia Yuda Pradana

Timnas Indonesia (c) Bola.com/Yoppy Renato Timnas Indonesia (c) Bola.com/Yoppy Renato

Bola.net - Mempersiapkan diri sebaik mungkin, itulah yang akan dilakukan Timnas sebelum menghadapi Malaysia. Kerja sama dan chemistry antarpemain pun diharapkan bisa maksimal.

Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Joko Susilo, membeber alasan di balik 'lamanya' masa persiapan timnya jelang melakoni laga perdana mereka di ajang Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, kontra Malaysia. Menurutnya, dengan masa persiapan sekitar dua pekan, tim pelatih ingin menyiapkan tim dengan maksimal.

"Ada beberapa hal yang ingin kami raih dari masa persiapan yang cukup panjang ini," ucap Joko Susilo, pada Bola.net.

"Salah satunya, kami ingin memaksimalkan kerja sama dan chemistry antarpemain. Mereka memang pemain-pemain terbaik, tapi mereka tetap perlu waktu agar bisa terbentuk chemistry, terutama dalam permainan," sambungnya.

Menurut Joko, tim pelatih Timnas Indonesia sudah melakukan evaluasi terhadap skuad mereka. Dari hasil evaluasi ini, mereka menentukan program-program yang dinilai tepat bagi Skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia.

"Kami sudah memahami kekuatan kami. Dari situ, kami pun mengetahui kebutuhan kami," tutur Joko.

"Jika kami sekadar meniru negara lain, kami akan tetap sama dengan kondisi sekarang. Dan, kami tak mau hal tersebut terjadi," imbuhnya.

Sebelumnya, Timnas Indonesia berencana akan menggelar persiapan di Stadion Pakansari Bogor, Rabu (21/08) mendatang. Dalam pemanggilan ini, mereka memanggil 24 orang pemain.

Timnas Indonesia sendiri, tergabung di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, bersama Uni Emirat Arab (UEA), Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Mereka akan memulai perjuangan mereka pada awal September mendatang dengan menjamu Malaysia. Rencananya, pertandingan bakal dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis (05/09) mendatang.

Babak kualifikasi ini sendiri bakal digelar dengan format kandang-tandang. Delapan juara grup dan empat runner-up terbaik bakal lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Bagaimana konsep persiapan Timnas Indonesia? Simak di bawah ini.

1 dari 2 halaman

TC dan Uji Coba

Menurut Joko, tim pelatih Timnas Indonesia sudah memiliki konsep soal persiapan mereka. Pelatih berusia 48 tahun ini menyebut bahwa mereka akan menggelar pemusatan latihan sebagai salah satu bentuk persiapan.

"Selain itu, kemungkinan ada juga uji coba selama masa persiapan ini. Lawan yang kami rencanakan adalah tim lokal saja," kata Joko.

"Namun, ini masih berupa konsep, karena masih perlu didiskusikan lebih lanjut oleh tim pelatih," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Miliki Kerangka Tim

Lebih lanjut, Joko menyebut, tim pelatih Timnas Indonesia sudah memiliki bayangan soal siapa saja yang akan mengisi kerangka tim mereka. Namun, menurutnya, mereka teras akan melihat penampilan para pemain di kompetisi.

"Saat ini, kerangka tim sudah terbentuk," tutur Joko.

"Pemain yang sempat kami panggil masuk ke bank data. Kami juga terus memantau dan memiliki catatan-catatan," sambung pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

5 Bek Tersukses Manchester United yang Patut Ditiru Harry Maguire dan Wan Bissaka

KOMENTAR