Gawat! India Ingin Ikutan Piala AFF 2020, Bagaimana Nasib Peluang Juara Timnas Indonesia?

Ari Prayoga | 15 September 2021, 15:25
Piala AFF. (c) Bola.com/AFF Suzuki Cup

Bola.net - Kabar mengejutkan datang dari negara Asia Selatan, India setelah federasi sepak bola setempat, AIFF mengumumkan rencana mereka untuk ikut berpartipasi di ajang Piala AFF 2020.


India tampaknya sangat serius dengan keinginan mereka ini. Bahkan, AIFF menyatakan sudah mengirimkan proposal ke Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

Timnas India ingin mencari jam terbang dan pengalaman. Selain itu, AIFF juga berniat membantu tim-tim Asia Tenggara agar mendapatkan lawan yang berat demi terciptanya turnamen yang kompetitif. Timnas India sangat bersemangat untuk bersaing di Piala AFF.

"Tujuannya adalah agar Timnas kami mendapatkan tekanan yang terbaik dalam kompetisi. Respons AFF sangat positif, akan tetapi kami terjebak pada situasi pandemi COVID-19," kata Kushal Das seperti dikutip Times of India.

"Ketika AFF menerima permintaan kami, maka kami akan turut dalam kompetisi mereka dengan sungguh-sungguh," ucap Kushal Das.

Keputusan akhir berada di tangan AFF. Belum diketahui mulai sejak edisi kapan Timnas India akan berpartipasi pada turnamen dua tahunan Piala AFF.

1 dari 2 halaman

Semakin Sulit

Kehadiran India di Piala AFF tentu saja semakin membuat turnamen tersebut menarik. Namun, hal itu juga akan memengaruhi peluang Timnas Indonesia untuk menjadi juara.

Seperti diketahui, tanpa India saja Timnas Indonesia sudah kesulitan untuk menjadi juara di Piala AFF. Timnas Merah Putih sejauh ini sudah lima kali menjadi runner-up.

Kehadiran India tentu bakal menjadi tantangan berat buat Timnas Indonesia. Selain harus bersaing dengan Vietnam dan Thailand, India juga bukan tim sembarangan.

2 dari 2 halaman

Undian 21 September

AFF sudah menetapkan jadwal baru undian Piala AFF 2020. Undian akan diselenggarakan di Singapura pada 21 September 2021.

Ini menjadi jadwal terbaru dari penyelenggaraan undian Piala AFF 2020. Undian seharusnya digelar pada Agustus 2021, namun ditunda karena pandemi COVID-19.

Piala AFF 2020 rencananya akan digelar pada 5 Desember 2021-1 Januari 2022. Turnamen kali ini pun direncanakan bergulir dengan format baru yakni adanya negara tuan rumah.

Disadur dari: Bola.com - Zulfirdaus Harahap, Rizki Hidayat, 14 September 2021

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR