Final Piala AFF 2020: Shin Tae-yong Pastikan Pratama Arhan Absen Pada Leg Pertama

Asad Arifin | 28 Desember 2021, 12:16
Pemain Timnas Indonesia, Elkan Baggot (kedua dari kiri) ikut merayakan gol yang dicetak Pratama Arhan (depan) dalam laga kontra Malaysia di Piala AFF 2020, Minggu (19/12/2021). (c) PSSI
Pemain Timnas Indonesia, Elkan Baggot (kedua dari kiri) ikut merayakan gol yang dicetak Pratama Arhan (depan) dalam laga kontra Malaysia di Piala AFF 2020, Minggu (19/12/2021). (c) PSSI

Bola.net - Kabar buruk datang untuk Timnas Indonesia jelang leg pertama final Piala AFF 2020. Pasalnya, pelatih Shin Tae-yong memastikan bahwa bek kiri Pratama Arhan akan absen karena akumulasi kartu.


Timnas Indonesia akan berjumpa Thailand pada final Piala AFF 2020. Leg pertama bakal digelar pada Rabu (29/12/2021) malam WIB di National Stadium. Sementara, leg kedua akan digelar tiga hari kemudian.

Bagi Indonesia, ini adalah final Piala AFF ke-6 sepanjang sejarah. Hanya saja, Skuad Garuda belum pernah menjadi juara. Terakhir, Indonesia melaju ke final Piala AFF 2016 dan kalah dari Thailand.

1 dari 4 halaman

Pratama Arhan Absen

Aksi Pratama Arhan pada laga melawan Singapura di leg pertama semifinal Piala AFF 2020 (c) AP Photo

Timnas Indonesia punya ambisi besar untuk menjadi juara Piala AFF 2020. Akan tetapi, pada final leg pertama, Indonesia tidak bisa memainkan Pratama Arhan karena harus menjalani sanksi akumulasi kartu.

"Fullback kiri kami akan absen pada laga melawan Thailand. Dia akumulasi kartu kuning. Kami tidak bisa bermain dengan rencana awal," ucap Shin Tae-yong.

Arhan mendapatkan kartu kuning pada leg pertama babak semifinal karena melanggar Song Ui-yong. Pada leg kedua, Arhan tercatat tidak menerima kartu kuning, jika merujuk pada laporan di Soccerway dan situs resmi Piala AFF.

Tapi, ada sebuah koreksi dari pihak Pengawas Pertandingan. Arhan mendapat kartu kuning pada akhir babak kedua, pada leg kedua. Dia mendapat kartu kuning saat melanggar Ikshan Fandi dan berujung pada penalti.

2 dari 4 halaman

Thailand Juga Kehilangan Pemain Kunci

Kiper utama Thailand di Piala AFF 2020, Chatchai Budprom (c) AP Photo

Thailand juga punya masalah yang sama dengan Indonesia. Selain kiper Chatchai Budprom yang absen karena cedera, bek kiri Theerathon Bunmathan juga tidak bisa bermain karena akumulasi kartu.

Menurut Shin Tae-yong, Indonesia dan Thailand sama-sama tidak bisa tampil dengan kekuatan terbaik. Tapi, sebagai pelatih, dia yakin Thailand sudah siap dengan skenario ini.

"Sebagai pelatih, karena ini sebuah turnamen yang panjang, kami harus punya antisipasi semuanya dengan baik. Itu juga sama dengan Thailand. Jadi, ini bukan hal yang menguntungkan," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Siapa Gantikan Pratama Arhan?

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, di Piala AFF 2020 (c) AFF Suzuki Cup

Shin Tae-yong punya beberapa opsi untuk menggantikan Shin Tae-yong. Jika merujuk pada laga fase grup, ada nama Edo Febriansyah yang bisa jadi andalan. Tapi, ada opsi yang bisa dipertimbangkan.

Rahmat Irianto pernah menjadi bek sayap dadakan di Persebaya Surabaya. Lalu, ada Rizky Dwi Febrianto yang bisa bermain sebagai bek kiri. Opsi terakhir, ada Alfeandra Dewangga yang bisa digeser sebagai bek kiri.

4 dari 4 halaman

Jadwal Final Piala AFF 2020

Timnas Indonesia vs Thailand

Final leg pertama:

Rabu, 29 Desember 2021
National Stadium, Kallang
Kick-off: 19.30 WIB

Final leg kedua:

Sabtu, 1 Januari 2022
National Stadium, Kallang
Kick-off: 19.30 WIB

Dukung terus perjuangan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 dengan mengikuti kabar terbaru seputar AFF Suzuki Cup 2020 di Bola.net dan juga live streaming di Vidio.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR