Fans Timnas Vietnam Marah Lagu Kebangsaan Dibisukan Saat Nonton Piala AFF

Asad Arifin | 7 Desember 2021, 15:23
Piala AFF - Ilustrasi Profil Timnas Vietnam. (c) Bola.com/Adreanus Titus
Piala AFF - Ilustrasi Profil Timnas Vietnam. (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Fans Timnas Vietnam mencak-mencak lantaran tidak bisa mendengarkan lagu kebangsaan 'Tiến Quân Ca' pada laga Piala AFF 2020. Hal tersebut terjadi lantaran adanya masalah hak cipta lagu.


Vietnam berjumpa Laos pada matchday pertama Grup B Piala AFF 2020, Senin (6/12/2021) malam WIB. Pada duel yang digelar di Bhisan Stadium itu, The Golden Star meraih kemenangan dengan skor 2-0.

Nguyen Cong Phuong membuka keunggulan Vietnam lewat golnya pada menit ke-26. Sementara, gol kedua dicetak Phan Van Duc pada menit ke-55. Sang juara bertahan memulai kiprah di Piala AFF 2020 dengan hasil yang meyakinkan.

Di balik raihan tiga poin itu, ada insiden yang membuat fans Vietnam geram. Sebagian publik Vietnam tidak bisa menikmati momen saat lagu kebangsaan Tiến Quân Ca diputar jelang pertandingan.

1 dari 3 halaman

Apa yang Terjadi?

Seperti pada turnamen antarnegara lainnya, lagu kebangsaan Tiến Quân Ca juga diputar jelang duel Vietnam melawan Laos. Tapi, tidak semua warga Vietnam bisa menikmati prosesi sakral ini. Ada beberapa tayangan yang tidak membisukan momen ini.

Dikutip dari Zing, fans Vietnam yang menyaksikan laga melawan Laos lewat YouTube dan live streaming di Facebook tidak bisa mendengarkan lagu Tiến Quân Ca. Sebab, ada keterangan suara dibisukan. Sementara, fans yang melihat dari televisi masih bisa mendengarkan lagu kebangsaan.

Alasan yang ditampilkan pada layar siaran laga Vietnam melawan Laos adalah 'hak cipta musik'. Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam pun turun tangan usai kejadian tersebut.

"Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata bertanggung jawab untuk menjalankan fungsi pengelolaan negara dan harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melestarikan dan mempromosikan nilai Lagu Kebangsaan," tulis pernyataan resmi mereka.

2 dari 3 halaman

Tidak Akan Terjadi Lagi

Panitia Piala AFF mengambil audio lagu kebangsaan Vietnam dari situs resmi AFC. Ini adalah audio yang biasa diputar saat Timnas Vietnam berlaga. Pengambilan itu juga sudah mendapat izin resmi dari Pemerintah Republik Sosialis Vietnam.

Federasi sepak bola Vietnam (VFF) juga tidak tinggal diam dengan kasus ini. Mr. Cao Van Chong, Wakil Presiden VFF, memastikan bahwa pihaknya telah menghubungi pihak-pihak terkait agar kejadian serupa tidak terjadi lagi di masa depan.

"VFF telah menugaskan departemen khusus untuk berkoordinasi dengan unit dan mitra terkait untuk mendapatkan solusi atas masalah tersebut. VFF akan memberikan informasi resmi nanti, tetapi kami tegaskan bahwa, dari pertandingan tim Vietnam berikutnya, hal serupa tidak akan terjadi," kata Van Chong.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR