Fakta Menarik Shin Tae-yong di Timnas Indonesia: Disiplin, Detail, dan Nggak Ribet

Dimas Ardi Prasetya | 18 Januari 2022, 17:01
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Bola.net - Ada sejumlah fakta menarik terkait pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang terkuak dari wawancara dengan Media Officer skuat Garuda di Piala AFF 2020, Bandung Saputra.


Menurut Bandung, pelatih Shin Tae-yong merupakan sosok yang detail untuk menunjang kinerjanya di Timnas Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan itu disebut sering menanyakan apa yang dibutuhkan Bandung sebagai Media Officer di Piala AFF 2020 lalu. Selain itu, Shin Tae-yong juga kerap memantau apakah pemainnya sudah mendapatkan pelayanan yang diharapkan sesuai kebutuhan.

"Coach Shin merupakan sosok pelatih yang disiplin dan detail. Tidak hanya urusan teknik dan strategi saja, namun detail dalam hal segalanya," kata Bandung Saputra pada acara Warung Bola di Instagram Live Bola.com dan Bola.net, Senin (17/1/2022).

"Dia juga bertanya programnya apa saja untuk membantu kerja saya sebagai media officer. Selain itu,dia juga bertanya kepada masseur apakah sudah me-massage pemain yang diminta," ucap Bandung Saputra.

1 dari 3 halaman

Urusi Pemilihan Sepatu Pemain

Tak berhenti sampai situ, Shin Tae-yong juga disebut sampai mengurusi pemilihan sepatu pemain. Shin Tae-yong kerap berbagi ilmu dengan pemain Timnas Indonesia mengenai pemilihan sepatu.

Shin Tae-yong mengatakan pada para pemain agar memilih sepatu tidak berdasarkan merek. Menurutnya yang paling utama adalah sepatu itu bisa nyaman saat dipakai beraksi.

"Coach Shin juga memberikan wejangan atau info arahan agar memilih sepatu jangan asal merek. Yang penting harus nyaman dan menunjang permainan," ujar Bandung Saputra.

2 dari 3 halaman

Tidak Ribet

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, juga ternyata tidak terlalu ribet mengurusi kegiatan luar lapangan pemainnya selama Piala AFF 2020. Shin Tae-yong memberi kebebasan kepada pemainnya untuk mencari cara agar mengurangi kejenuhan selama jadwal padat turnamen.

"Kalau hiburan biasanya ada yang bawa PS (PlayStation) dan video call. Main PS tidak apa-apa karena intinya begini, Timnas Indonesia senior itu kami tidak bisa melarang dan juga tidak bisa membebaskan," kata Bandung Saputra.

Kebebasan itu diberikan Shin Tae-yong karena sudah percaya kepada pemain-pemain Timnas Indonesia. Di usia yang sudah masuk kategori skuad senior, pemain Timnas disebut sudah tahu batasan terkait kegiatan di luar lapangan.

"Jadi, bijaksana aja termasuk sosmed. Pelatih juga memberi info kepada pemain untuk bijaklah bermain sosmed. Jadi, tidak dilarang dan tidak dibebaskan. Apalagi ini Timnas senior jadi mereka sudah tahu apa yang boleh dan dilarang," ucap Bandung Saputra.

3 dari 3 halaman

Latihan dan Latihan

Skuad Timnas Indonesia juga menjalani hari-hari yang berat selama Piala AFF 2020. Witan Sulaeman dkk disebut memiliki rutinitas harian berupa latihan dan bertanding.

Jadwal latihan dan pertandingan yang padat menjadi menu harian yang dilalui penggawa Timnas Indonesia. Kesibukan ini berlaku untuk semua pemain tanpa terkecuali.

"Pelatih Shin Tae-yong hampir setiap hari atau tiada hari tanpa latihan. Meskipun selesai bertanding, besoknya ada latihan recovery untuk pemain yang bertanding," kata Bandung Saputra.

"Bagi pemain yang tidak bertanding maka latihan normal seperti biasa. Menjelang final juga setiap hari ada latihan, meskipun intensitas tidak tinggi. Porsinya lebih ringan," ucap Bandung Saputra.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Zulfirdaus Harahap/Editor Wiwig Prayugi
Published: 17/01/2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR