Evan Dimas Sarankan Marselino dan Ronaldo Main di Luar Negeri: Penyesalan Datang Belakangan

Gia Yuda Pradana | 26 Januari 2022, 15:58
Evan Dimas di preskon Timnas Indonesia vs Timor Leste (c) PSSI
Evan Dimas di preskon Timnas Indonesia vs Timor Leste (c) PSSI

Bola.net - Evan Dimas menyarankan dua kompatriotnya di Timnas Indonesia untuk bermain di luar negeri. Keduanya adalah Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh.


"Memang masuk Timnas Indonesia dengan usia muda itu tidak mudah, perlu adaptasi. Saya melihat Marselino dan Ronaldo pemain yang sangat berpotensi," ujar Evan Dimas, saat sesi jumpa pers, Rabu (26/1/2022).

"Saya sering ngobrol sama Marselino dan dia bertanya 'Mas, kok bisa bermain laa di Timnas Indonesia?' Ronaldo juga. Saya bilang 'memang untuk mencapainya itu gampang, tapi mempertahankannya susah'."

"Saya bilang 'yang penting kamu harus jaga mental dan seperti saya waktu muda. Penyesalan bukan datang di depan, tapi selalu belakangan. Jika ada kesempatan bermain di luar negeri, lakukan' saya bilang seperti itu," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Cerita Evan Dimas

Evan Dimas merayakan golnya ke gawang Kamboja, Kamis (9/12/2021) (c) Dok. AFF Cup 2020

Evan Dimas meminta Marselino dan Ronaldo belajar dari pengalamannya. Ia mengisyaratkan menyesal tidak lama bermain di luar negeri.

Evan Dimas memang pernah berkarier di luar negeri. Namun, pemain berusia 26 tahun itu hanya semusim membela Selangor FC di Liga Malaysia pada 2018.

"Kalau saya mungkin sudah terlambat. Harusnya dulu saya lama bermain di luar negeri. Karena itu yang membuat kita awet dalam bermain sepak bola," ucap Evan Dimas.

"Kamu tidak usah malu ke saya. Ketika di lapangan, tidak ada senior dan junior. Tapi di luar lapangan kita memang harus respek dengan senior."

"Namun, ketika di lapangan, kamu harus bermain seperti senior karena kamu dipanggil Timnas Indonesia senior, bukan junir lagi," tambahnya.

2 dari 3 halaman

Masih 17 Tahun

BRI Liga 1: Pemain Madura United, Ronaldo Joybera Kwateh (nomor 77) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mempromosikan Marselino dan Ronaldo untuk beruji coba dengan Timor Leste dalam periode FIFA Matchday.

Timnas Indonesia akan berlatih tanding dengan Timor Leste pada Kamis (27/1) dan 30 Januari 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Pemanggilan Marselino dan Ronaldo ke Timnas Indonesia tidak terlalu mengejutkan. Meski masih berumur 17 tahun, kemampuan keduanya berada di atas rata-rata pemain seusianya.

3 dari 3 halaman

Kiprah Marselino dan Ronaldo di BRI Liga 1 2021/2022

Pemain Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan. (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Marselino menjelma sebagai playmaker jempolan di BRI Liga 1 2021/2022. Gelandang Persebaya Surabaya itu mampu mencetak empat gol dan lima assists dari 15 penampilan.

Ronaldo juga pelan-pelan mulai mendapatkan kepercayaan di Madura United. Meski belum dapat menorehkan gol, penyerang berdarah Liberia itu telah membukukan sembilan pertandingan.

Baik Marselino dan Ronado adalah tulang punggung Timnas Indonesia U-23 pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 ketika kalah dengan agregat 2-4 dari Australia.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR