BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

'Elkan Baggott Layak Masuk Timnas Indonesia Senior'

13-10-2020 15:33 | Gia Yuda Pradana

Elkan Baggott (c) PSSI Elkan Baggott (c) PSSI

Bola.net - Timnas Indonesia U-19 sedang menjalani pemusatan latihan di Kroasia. Sejumlah uji coba sudah dimainkan. Beberapa nama pun telah menjadi sorotan. Elkan Baggott adalah salah satunya.

Timnas Indonesia U-19 baru saja menang 4-1 atas Makedonia Utara U-19, Minggu (11/10/2020). Performa Elkan Baggott jadi pembicaraan hangat.

Pemain 17 tahun yang kini membela Ipswich Town, Inggris itu jadi tembok kokoh Timnas Indonesia U-19. Tim besutan Shin Tae-yong itu hanya kemasukan satu gol, itupun lewat titik penalti.

Lewat skema open play, Elkan Baggott berhasil mematahkan sejumlah peluang yang didapat Makedonia Utara. Legenda sepak bola asal Bali, I Made Pasek Wijaya, memberikan prediksi jika Elkan tidak butuh waktu lama menembus Timnas Indonesia senior.

1 dari 2 halaman

Bek Luar Biasa, Adaptasinya Singkat

Elkan Baggott (c) Dok PSSI Elkan Baggott (c) Dok PSSI

"Dia bek yang luar biasa. Baru pertama main dan adaptasi yang singkat, sudah bisa memperlihatkan permainan yang bagus. Cara dia memberikan umpan, memotong bola dan lainnya sudah kelihatan bakatnya," kata mantan asisten pelatih Pelita Jaya dan Arema FC ini.

"Ditambah lagi dengan posturnya sangat ideal sebagai pemain belakang. Dia layak masuk Timnas Indonesia senior,” lanjutnya.

Pasek mengaku tidak berlebihan memberikan penilaian kepada Elkan. Karena dia sudah mengikuti pemberitaan pemain blasteran Inggris, Thailand dan Indonesia sejak beberapa waktu lalu.

"Saya tahu dia sudah dikontrak tim senior Ipswich Town. Artinya, sudah tidak main di level kelompok usia lagi meskipun masih 17 tahun. Pastinya terbiasa melawan dan bersaing dengan pemain yang usianya jauh lebih matang darinya,” jelas pria yang kini melatih Bali United U-18 ini.

2 dari 2 halaman

Timnas Senior Butuh Elkann Baggott

Timnas Indonesia (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan Timnas Indonesia (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

I Made Pasek Wijaya juga melihat jika Timnas Indonesia senior butuh pemain belakang seperti Elkan Baggott. Secara postur dia bisa diandalkan menghalau bola atas.

Begitu juga saat timnas Indonesia dapat kesempatan tendangan penjuru. Dia bisa naik ke depan untuk mencetak gol dengan postur 194 cm.

"Persoalannya, dia hanya dilepas klubnya, saat agenda FIFA Matchday. Jadi, beberapa agenda di luar itu kemungkinan dia tidak bisa gabung pemusatan latihan. Tapi saya pikir tidak ada kendala. Contohnya pertandingan kemarin, dia bisa adaptasi dengan cepat,” pungkasnya.

Disadur dari: Bola.com/Iwan Setiawan/Hendry Wibowo

Published: 13 Oktober 2020

KOMENTAR