Demi Jadi Pemain Inti di Liga Jepang, Pratama Arhan Bisa Belajar dari Bintang Timnas Thailand

Serafin Unus Pasi | 23 Februari 2022, 19:46
Theeraton Bunmathan (kanan) (c) J.League
Theeraton Bunmathan (kanan) (c) J.League

Bola.net - Pratama Arhan boleh belajar dari bintang Timnas Thailand, Theerathon Bunmathan. Kenapa? Karena pemain itu pernah beredar di Liga Jepang atau J.League dan meraih gelar juara.

Posisi bermain keduanya juga sama, yaitu bek kiri. Jadi, pas bila Pratama Arhan ingin belajar kepada Theerathon Bunmathan.

Theerathon Bunmathan tercatat pernah beredar di Liga Jepang pada 2018. Ketika itu, ia dipinjam Vissel Kobe dengan durasi setahun dari Muangthong United.

Kesempatan itu sungguh seperti berlian atau permata buat Teerathon Bunmathan. Pasalnya, Vissel Kobe punya pemain bintang macam Lukas Podolski, David Villa, dan Andres Iniesta.

Dalam semusim, Teerathon Bunmathan bermain sebanyak 35 pertandingan di semua ajang yang diikuti Vissel Kobe. Statistiknya empat assist dari 28 pertandingan di J.League.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 3 halaman

Lompatan yang Menginspirasi

Pada musim 2019, pemain yang lahir pada 6 Februari 1990 itu kembali bermain di J.League. Tapi kali ini membela Yokohama F. Marinos.

Bersama Yokohama F. Marinos, Teerathon Bunmathan mencatat 25 pertandingan dengan tiga gol dan empat assist. Ia juga ikut andil membawa timnya itu menjuarai J.League.

Performa positif tersebut membuat Yokohama F. Marinos memberi kontrak sampai akhir musim 2021. Selama memperkuat klub itu, Teerathon Bunmathan bermain dalam 94 pertandingan.

2 dari 3 halaman

Peluang Jadi Pemain Reguler

Peluang Pratama Arhan menjadi pemain reguler di J.League 2 (divisi kedua di Jepang) terbuka lebar. Sebab, posisi bermainnya tidak terlalu banyak pesaing.

Beda dengan pemain Asia Tenggara lainnya yang juga sempat mengecap kompetisi Jepang. Misalnya, Teerasil Dangda sebagai penyerang yang sulit jadi pemain inti.

Begitu pula dengan Dang Van Lam, kiper yang sama sekali tidak dapat menit bermain di Cerezo Osaka. Stefano Lilipaly dan Irfan Bachdim sebagai gelandang serang juga tak mampu bersaing karena terlalu banyak pesaingnya.

3 dari 3 halaman

Persaingan Bek Kiri di Tokyo Verdy

Dalam skuad Tokyo Verdy, ada pemain di posisi bek kiri, yaitu Tatsuya Yamaguchi dan Yuta Narawa. Namun dalam laga perdana musim ini melawan V-Varen Nagasaki, mereka tidak masuk dalam rombongan tim.

Posisi bek kiri ditempati Daiki Fukazawa yang aslinya bek kanan. Artinya, Pratama Arhan punya peluang besar untuk masuk mengisi posisi utama bek kiri.

Dengan ciri permainan Tokyo Verdy yang menyerang, Pratama Arhan cocok mengisi posisi bek sayap kiri. Sebab, ia adalah bek kiri yang senang naik membantu serangan.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR