Debut Pratama Arhan di Tokyo Verdy Berlangsung 45 Menit

Abdi Rafi Akmal | 6 Juli 2022, 18:25
Pratama Arhan dikenalkan sebagai pemain Tokyo Verdy, klub J2 League (c) J League 2022
Pratama Arhan dikenalkan sebagai pemain Tokyo Verdy, klub J2 League (c) J League 2022

Bola.net - Pratama Arhan resmi menjalani debutnya di J2 League bersama Tokyo Verdy. Pada pekan ke-26, Arhan dimainkan sejak menit awal saat bertemu Tochigi Goldfly SC, Rabu (6/7) sore WIB.

Debut tersebut amat ditunggu-tunggu oleh pemain berusia 21 tahun. Bukan hanya dia, seluruh masyarakat Indonesia juga menantikan penampilan perdananya di Jepang.

Arhan diresmikan Tokyo Verdy pada 16 Februari 2022. Peresmiannya hanya berjarak tiga hari dari laga perdana J2 League.

Terlalu mepetnya kedatangan sang pemain membuat masa persiapannya juga terbilang singkat. Alhasil, ia harus menunggu selama kurang lebih empat bulan untuk dianggap siap oleh pelatih Hiroshi Jofuku.

1 dari 3 halaman

Main 45 Menit

Pratama Arhan diperkenalkan oleh Tokyo Verdy di Wisma Duta KBRI Tokyo, Jumat (25/3/2022) (c) dok. KBRI Tokyo

Pratama Arhan diperkenalkan oleh Tokyo Verdy di Wisma Duta KBRI Tokyo, Jumat (25/3/2022) (c) dok. KBRI Tokyo

Pratama Arhan dimainkan sejak menit awal. Akan tetapi, eks pemain PSIS Semarang itu hanya bermain 45 menit.

Di awal babak kedua, Tokyo Verdy melakukan dua pergantian secara langsung. Gelandang tengah Ryo Nishitani digantikan Koki Morita, dan Pratama Arhan digantikan Mizuki Arai.

45 menit jelas bukan waktu yang singkat. Arhan juga berhasil menunjukkan beberapa kebolehannya di pertandingan resmi.

2 dari 3 halaman

Pemain Sayap Kanan

Pratama Arhan (c) Instagram/tokyo_verdy

Pratama Arhan (c) Instagram/tokyo_verdy

Pratama Arhan dimainkan di luar posisi aslinya yang merupakan seorang bek kiri. Bersama Tokyo Verdy, Arhan diplot sebagai penyerang sayap kanan.

Arhan sejatinya sempat bermain sebagai pemain sayap kiri di PSIS Semarang selepas kepulangannya membela timnas Indonesia. Namun, bermain di posisi sayap kanan adalah yang kali pertama.

Kendati demikian, Arhan tidak kesulitan bermain di posisi tersebut. Adaptasinya berjalan lancar, sampai bisa membantu sejumlah skema serangan tim.

3 dari 3 halaman

Ringkasan Performa

(c) AP Photo

(c) AP Photo

Pratama Arhan memang tidak sempat menunjukkan kebolehannya untuk melakukan lemparan ke dalam super panjang seperti yang biasa dilakukannya di timnas Indonesia. Tetapi, ia sempat dipercaya jadi eksekutor tendangan sudut dari sebelah kanan wilayah permainan Tokyo Verdy.

Sepanjang pertandingan, Arhan tidak mengandalkan kecepatan maupun kemampuan giringannya selama 45 menit, tetapi akurasi umpan silangnya. Pemain kelahiran Blora itu bahkan berhasil melakukan umpan silang sukses yang berbuah jadi tembakan tepat sasaran pertama di pertandingan tersebut.

Menurut catatan Lapangbola, Arhan tidak banyak melakukan sentuhan pada bola. Hanya tercatat delapan umpan sukses dari pemain berkaki kidal tersebut. Selain itu, ada satu kartu kuning yang dimilikinya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR