Debut di Tokyo Verdy dan Posisi Tidak Lazim, Apa Kata Pratama Arhan?

Asad Arifin | 7 Juli 2022, 15:37
Aksi Pratama Arhan ketika membela Tokyo Verdy di J2 League musim 2022 (c) J League
Aksi Pratama Arhan ketika membela Tokyo Verdy di J2 League musim 2022 (c) J League

Bola.net - Pratama Arhan baru saja menjalani debut bersama Tokyo Verdy di J2 League. Nah, menariknya, pada laga debutnya itu, pemain 20 tahun bermain di posisi yang tidak lazim yakni winger kanan.

Tokyo Verdy mampu mengalahkan tuan rumah Tochigi SC dalam pekan ke-25 J2 League di Kanseki Stadium, Utsunomiya, Rabu (6/7/2022). Hasil ini membawa Tokyo Verdy kini berada di posisi ke-9 klasemen dengan 35 poin.

Pratama Arhan bermain sebagai starer dalam penampilan pertamanya dengan Tokyo Verdy. Alih-alih sebagai bek sayap kiri, pemain berusia 20 tahun itu justru berperan sebagai winger kanan.

Namun, Pratama Arhan hanya beraksi selama 45 menit. Bek Timnas Indonesia itu digantikan Mizuki Arai setelah jeda turun minum. Simak pernyataan lengkap Pratama Arhan usai laga tersebut di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Posisi Tidak Lazim

Pratama Arhan berkomentar panjang lebar seusai debutnya di laman Tokyo Verdy. Eks pemain PSIS Semarang itu bahagia dan menikmati posisi barunya sebagai winger kanan.

"Pertama-tama, saya sangat senang mendapatkan kesempatan untuk debut. Saya juga senang karena kami menang 1-0," ujar Pratama Arhan.

"Saya pikir saya harus bermain di posisi apa pun yang diberikan kepada saya. Saya menikmati bermain di posisi ini. Awalnya, saya biasa bermain di posisi bek sayap kiri. Namun, sekarang saya bisa bermain di posisi gelandang sayap kanan," kata Pratama Arhan.

"Sebelum debut, pelatih dan tim kepealtihan menyuruh saya bermain dengan tenang dan fokus sepanjang permainan. Kemudian, saya juga mendengarkan instruksi dari sekitar."

"Lalu juga bermain kompak saat bertahan. Selebihnya, saya harus berkomunikasi dengan rekan setim sepanjang pertandingan," ucap Pratama Arhan.

2 dari 2 halaman

Harus Berani

Pratama Arhan mengaku mendapat pesan khusus dari pelatih Hiroshi Jofuku. Mantan pemain PSIS Semarang itu diminta untuk bermain dengan tenang. Arhan tampil cukup bagus, walau mengakui masih ada kekurangan darinya.

"Tugas saya adalah memiliki lebih banyak keberanian untuk mengatur. Saya ingin mengambil lebih banyak tantangan dan secara aktif mengatur keitka saya menguasai bola," terang Pratama Arhan.

"Selebihnya adalah komunikasi. Saya ingin berkomunikasi lebih banyak dengan para pemain di sekitar baik di dalam maupun luar lapangan," jelasnya.

"Yang pertama adalah bermain bagus untuk diri dan menunjukkan sikap yang baik dalam latihan dan pertandingan," imbuh eks pemain Timnas Indonesia U-19 itu.

"Secara khusus, saya ingin bekerja sama dengan tim untuk menunjukkan kinerja yang baik, tidak hanya untuk diri saya tetapi juga sebagai suatu tim," ujar pemilik nomor punggung 38 di Tokyo Verdy ini.

Disadur dari Bola.com: Muhammad Adiyaksa/Aryo Atmaja, 7 Juli 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR