Daftar Bek yang Mencetak Gol di Piala AFF 2020: Tiga dari Timnas Indonesia

Gia Yuda Pradana | 10 Januari 2022, 11:53
Pemain Timnas Indonesia, Elkan Baggot (kedua dari kiri) ikut merayakan gol yang dicetak Pratama Arhan (depan) kontra Malaysia di Piala AFF 2020 (c) PSSI

Bola.net - Piala AFF 2020 telah tuntas dengan Thailand sebagai juaranya. Mereka menundukkan Timnas Indonesia dengan agregat 6-2 di final.


Piala AFF edisi kali ini melahirkan catatan statistik yang menarik dalam urusan gol. Dari total 26 pertandingan, 88 gol tercipta. Artinya, rata-rata sebanyak 3,38 gol tercipta di setiap pertandingan.

Dari jumlah itu, hanya satu gol bunuh diri yang lahir. Itu merupakan kesalahan penyerang Malaysia, Shawal Anuar, saat timnya kalah 1-4 dari Timnas Indonesia di laga terakhir Grup B.

Sebanyak empat pemain tercatat menjadi pencetak gol terbanyak turnamen antarnegara ASEAN ini. Masing-masing mencetak empat gol, yakni Safawi Rashid (Malaysia), Bienvenido Maranon (Filipina), serta dua lainnya pemain Thailand, Chanathip Songkrasin dan Teerasil Dangda.

Kebetulan, empat pencetak gol terbanyak itu berposisi sebagai penyerang. Teerasil Dangda dan Bienvenido Maranon berposisi sebagai striker, sedangkan Safawi Rashid dan Chanathip Songkrasin adalah pemain sayap.

Satu pemain Timnas Indonesia, berhasil mencetak gol terbanyak di skuatnya, yakni Irfan Jaya. Lagi-lagi, pemain satu ini adalah seorang penyerang sayap.

Hal ini menunjukkan bahwa penyerang memang mendominasi dalam urusan mencetak gol. Tugas alami pemain lini depan memang itu. Terkadang, pemain lini tengah pun tidak ketinggalan saat mendapat kesempatan.

Lantas, apakah tidak ada pemain belakang yang notabene bertugas mengamankan pertahanan timnya yang menyumbang gol?

Catatan menunjukkan bahwa terdapat 12 bek yang berhasil membobol gawang lawan di Piala AFF 2020. Bahkan, ada satu bek yang mampu mencetak gol sebanyak dua kali. Hanya tujuh tim yang menyumbang bek sebagai pencetak gol.

Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1 dari 1 halaman

Daftar Bek yang Cetak Gol di Piala AFF 2020

Selebrasi Asnawi Mangkualam (14) bersama pemain Timnas Indonesia setelah membobol gawang Laos di Piala AFF 2020. (c) AFF Suzuki Cup

Thailand

  1. Youssef Elias Dolah (1 gol).

Indonesia

  1. Pratama Arhan (2 gol)
  2. Elkan Baggott (1 gol)
  3. Asnawi Mangkualam (1 gol).

Vietnam

  1. Bui Tien Dung (1 gol).

Singapura

  1. Shakir Hamzah (1 gol)
  2. Safuwan Baharudin (1 gol).

Malaysia

  1. Shahrul Saad (1 gol).

Filipina

  1. Martin Steuble (1 gol)
  2. Jesper Nyholm (1 gol).

Kamboja

  1. Yue Safy (1 gol)
  2. Sath Rosib (1 gol).

Disadur dari: Bola.com/Aditya Wany/Hendry Wibowo

Published: 10 Januari 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR