Cerita Bayu Fiqri dan Panggilan Pertama ke Timnas Indonesia

Serafin Unus Pasi | 20 Januari 2022, 19:31
Pemain Timnas Indonesia ketika menjalani sesi latihan di hari pertama pemusatan latihan di Turki jelang Piala AFF 2020. (c) dok.PSSI
Pemain Timnas Indonesia ketika menjalani sesi latihan di hari pertama pemusatan latihan di Turki jelang Piala AFF 2020. (c) dok.PSSI

Bola.net - Bayu Mohamad Fiqri mendapatkan panggilan ke Timnas Indonesia. Ini merupakan pemanggilan pertama sepanjang kariernya di sepak bola.


Bek Persib Bandung ini sudah bergabung dalam pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia di Bali. TC digelar pada 19-28 Januari 2022, dengan disisipi agenda uji coba internasional melawan Timor Leste sebanyak dua kali.

Bagi Bayu Fiqri, pemanggilan ini sangat berharga. Selain karena baru pertama kali, juga membuktikan kerja kerasnya bersama Persib ternyata mendapat apresiasi dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Meski dengan bergabung ke TC, berarti Bayu Fiqri tidak mendapatkan jatah libur selama sepekan. Itu karena, BRI Liga 1 2021/2022 untuk sementara mengalami jeda lantaran laga internasional FIFA Matchday.

"Itu tidak menjadi masalah karena menjadi bagian dari Timnas Indonesia adalah kebanggaan tersendiri. Jadi harus siap ketika panggilan dari Timnas Indonesia itu datang," ujar Bayu Fiqri, disadur dari laman klub.

Pemain yang di Persib memakai nomor punggung 4 ini mengaku tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan pertama mendapat panggilan dari Timnas Thailand. Ia berjanji akan bekerja keras, supaya berkembang dan bisa memberikan yang terbaik.

"Saya bersyukur karena dapat kesempatan bersama Timnas Indonesia senior. Kalau soal target saya hanya bekerja keras untuk bisa maksimal," ucap Bayu Fiqri.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 2 halaman

Mimpi yang Menjadi Kenyataan

Lebih lanjut, Bayu Fiqri menuturkan bila panggilan ke Timnas Indonesia ini adalah cita-citanya. Ia sudah menunggu lama untuk mendapatkan kesempatan ini.

"Sebagai pemain profesional tentu saja harapannya bisa masuk ke Timnas Indonesia. Sekarang ada kesempatan, jadi jangan disia-siakan," kata Bayu Fiqri.

Dalam riwayat kariernya, Bayu Fiqri baru pernah memperkuat Timnas Indonesia kelompok umur. Tepatnya ketika membela Timnas Indonesia U-19 yang ketika itu dilatih Indra Sjafri.

2 dari 2 halaman

Harapan Robert Alberts

Sementara itu, Pelatih Persib, Robert Alberts mengaku senang Bayu Fiqri mendapatkan panggilan ke Timnas Indonesia. Juru taktik asal Belanda ini puas dengan kepercayaan Shin Tae-yong kepada pemainnya itu yang sudah 10 kali dimainkan di BRI Liga 1 2021/2022.

"Kami senang Bayu Fiqri dapat panggilan dari Timnas Indonesia. Kami bangga ia bisa dapat kesempatan pertama ke Timnas Indonesia senior," imbuh Robert Alberts.

Sebanyak 10 pertandingan yang dicatat Bayu Fiqri bersama Persib memang menjadi modal tersendiri. Dari 10 laga itu, enam di antaranya dilakoninya sebagai starter atau pemain inti.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR