BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Cara Pemain Garuda Select Mengatasi Penyakit Homesick, dari Masak sampai Video Call

23-02-2020 13:55 | Yaumil Azis

Rizky Sudirman (kanan), Bramdani (kiri) (c) Bola.net/Fitri Apriyani Rizky Sudirman (kanan), Bramdani (kiri) (c) Bola.net/Fitri Apriyani

Bola.net - Bukan perkara mudah buat pemain Indonesia merantau ke negeri orang. Sudah banyak kasus pemain nasional dapat kesempatan bergabung dengan klub di luar negeri, tapi akhirnya memilih pulang.

Semua karena perasaan homesick atau rindu kampung halaman. Entah rindu dengan keluarga, suasana tempat asal, hingga rindu dengan teman-teman.

Apakah perasaan homesick juga melanda para pemain Garuda Select? Mereka yang sudah berada di Inggris sejak Oktober 2019 lalu, pasti juga merasakannya.

Namun mereka ternyata bisa mengatasi homesick itu dengan baik. Hal ini seperti yang dituturkan tiga pemain Garuda Select, saat berbincang dengan Bola.net.

Rizky Sudirman, misalnya. Kiper milik Persija Jakarta ini mengatakan hampir tiap hari video call dengan orang rumah, mulai dari orangtua sampai saudara.

"Sehari sekali pasti video call. Sekitar setengah jam. Selain itu main game sama teman-teman, biar lupa kangennya," ujar Rizky.

Hal berbeda disampaikan Kakang Rudiyanto. Bek Garuda Select asal Persib Bandung ini mengaku kangen kampung halaman sudah pasti. Tapi bisa diatasi dengan banyak berkumpul bersama teman.

"Kalau enggak main PS yang ke dapur, masak sama teman-teman. Ya masak nasi, masak ayam. Enak lho, saya sendiri yang masak," tutur Kakang, sambil tersenyum.

Sedangkan Bramdani, penyerang Garuda Select mengaku hal paling dikangeni dengan kampung halaman adalah makanannya. "Kalau saya rindu sama masakannya dan teman-teman saya," imbuhnya.

Garuda Select merupakan program akselerasi untuk meningkatkan kemampuan pemain muda Indonesia. Program ini merupakan kerja sama antara PSSI dengan MolaTV yang berlangsung selama 10 tahun sejak 2018.

Garuda Select yang sekarang merupakan generasi kedua. Selain berlatih di Inggris, mereka juga sempat melakukan pemusatan latihan (TC) di Italia selama sebulan penuh, Januari lalu.

Terdekat, Garuda Select akan berlatih tanding melawan Preston North End U-18 pada 25 Februari mendatang. Laga tersebut bisa disaksikan di sini

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

Lompatan Spektakuler Ronaldo, Penyelamat Juventus