Cahaya Indonesia di Eropa! Inilah 7 Pemain Tanah Air yang Meniti Karier di Klub-Klub Balkan

Ari Prayoga | 23 Januari 2022, 20:45
Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman di FK Senica (c) Instagram/fk_senica
Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman di FK Senica (c) Instagram/fk_senica

Bola.net - Dua bintang Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman kini resmi bermain dalam satu klub di Eropa, tepatnya FK Senica. Namun, masih banyak pemain Tanah Air yang merumput di Benua Biru, termasuk Balkan.


Balkan kerap diartikan sebagai daerah atau negara-negara bekas Yugoslavia walau sebenarnya tidak sesempit itu. Secara demografis, ada 12 negara Eropa yang termasuk kategori Balkan, mulai dari Yunani sampai Turki.

Ke-12 negara itu terletak di area Pegunungan Balkan, sehingga mereka masuk 'wilayah' Balkan. Dalam konteks sepak bola, banyak persepak bola hebat lahir di wilayah tersebut, Alen Halilovic atau Sergej Milinkovic-Savic misalnya.

Beruntung bagi sejumlah pemain muda Indonesia, mereka bisa merasakan tempaan di Balkan yang terkenal sangat disiplin dan mengedepankan visi bermain. Tidak heran gelandang andal berasal dari sini, sebut saja Luka Modric.

Siapa sajakah pemain Indonesia yang mengejar mimpi di wilayah Balkan?

1 dari 3 halaman

Daftar 7 Pemain Indonesia di Negara Balkan

  • Cyrus Margono - Panathinaikos B (Yunani)
  • Nur Yufa - Zeljesnicar Banja Luka U19 (Bosnia-Herzegovina)
  • Andi Pangestu -Zeljesnicar Banja Luka (Bosnia-Herzegovina)
  • Brylian Aldama - NK Pomorac 1921 (Kroasia)
  • Iner Sontany Putra - Zeljesnicar Banja Luka (Bosnia-Herzegovina)
  • David Maulana - NK Pomorac 1921 (Kroasia)
  • Ronald Sesmot - FK Kozara Gradiska (Bosnia-Herzegovina)
2 dari 3 halaman

Cyrus Margono, Dikontrak dengan Durasi Panjang

Klub asal Yunani tersebut resmi mengumumkan kedatangan Cyrus Margono pada 30 Agustus 2021. Penjaga gawang kelahiran 9 November 2001 itu dikontrak selama tiga tahun.

Namun, Cyrus Margono tidak diprioritaskan untuk tim senior, melainkan bakal memperkuat Panathinaikos B yang berkompetisi di Super League Greece 2 atau kasta kedua Liga Yunani.

Panathinaikos bukan klub sembarangan di negaranya. Tim berjuluk The Greens itu berlabel kesebelasan tersukses kedua di Yunani.

"Saya datang ke klub yang sangat besar dan menjadi suatu kehormatan bagi saya untuk berada di sini. Saya menghargai kesempatan yang diberikan kepada saya oleh tim dan pelatih. Saya akan memberikan yang terbaik setiap harinya," jelas Cyrus Margono dinukil dari laman klub.

3 dari 3 halaman

Disekolahkan ke Kroasia

Dua pemain muda asal Indonesia, Brylian Aldama dan David Maulana dipinjamkan HNK Rijeka ke NK Pomorac 1921. Keduanya bergabung dengan status pinjaman selama semusim.

NK Pomorac 1921 adalah peserta 3. HNL atau divisi ketiga Liga Kroasia, bukan First League of Primorje-Gorski Kotar County atau kasta kelima seperti yang diberitakan sejauh ini.

Laman Soccerway mencatat, NK Pomorac 1921 berkompetisi di Divisi Barat 3. HNL 2021/2022. Selain Divisi Barat, 3. HNL juga mempunyai Divisi Timur, Utara, Tengah, dan Selatan.

Media Kroasia, Sportcom mengabarkan bahwa Brylian Aldama dan David Maulana telah bermain dalam persiapan pramusim NK Pomorac 1921. Keduanya menjalani debut ketika NK Pomorac 1921 menggilas Lokomotiva 3-0 pada pertandingan uji coba.

Brylian Aldama dan David Maulana menjadi pemain Indonesia pertama dan kedua dalam sejarah klub yang berdiri pada 1921 dan berganti nama pada 2014 tersebut.

Disadur dari: Bola.com (Gregah Nurikhsani) 23 Januari 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR