BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Berkat Garuda Select, Mimpi Brylian Aldama Main di Klub Eropa Segera Terwujud

25-02-2020 09:56 | Gia Yuda Pradana

Mimpi Brylian Aldama main di klub Eropa segera terwujud (c) Bola.net/Fitri Apriani Mimpi Brylian Aldama main di klub Eropa segera terwujud (c) Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Sebentar lagi, mimpi gelandang Garuda Select, Brylian Aldama, bermain di kompetisi Eropa akan terwujud. Jalan untuk mewujudkan impian itu selangkah lebih maju, setelah ia menandatangani kontrak dengan Forza Sports Group.

Forza Sports Group ialah agensi pemain berlisensi FIFA yang ditunjuk Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise. Penunjukan itu untuk mengurus segala persiapan adminstrasi Brylian bergabung dengan klub Eropa.

Penandatanganan kontrak antara Brylian dan Forza Sports Group dilakukan di kompleks Aston University, Birmingham, Inggris, Senin (24/2/2020) waktu setempat. Klub anyar pemain berusia 18 tahun itu akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

Sekadar informasi, Forza Sports Group sudah memegang banyak pemain top. Di antaranya, David Neres, Lassina Traore (Ajax), Siem De Jong (pemain Ajax yang baru pindah ke FC Cincinnati), Lieke Martens, hingga Danielle Van De Donk (pemain timnas wanita Belanda).

Transfer pemain ke klub Eropa memang menjadi salah satu puncak program Garuda Select. Para pemain yang dibina Garuda Select bakal dibukakan jalan untuk menembus tim Eropa.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Lompati Tahapan

(c) Bola.net/Fitri Apriani (c) Bola.net/Fitri Apriani

Program Garuda Select terdiri dari beberapa tahap. Diawali seleksi pemain di Indonesia untuk memilih 24 pemain tiap tahunnya, lalu mereka dikirim berlatih di Inggris atau negara Eropa lainnya. Program ini hasil kerja sama antara PSSI dengan Mola TV yang berdurasi 10 tahun sejak 2018.

Pada tahap berikutnya, mereka yang berpotensi berkembang dipanggil lagi untuk pelatihan tahap kedua. Tahap ini merupakan pematangan persiapan untuk bermain di klub Eropa.

Kemudian pada tahap ketiga, pemain yang benar-benar berpotensi akan dititipkan ke klub. Mereka diminta belajar beradaptasi dengan lingkungan klub profesional. Tapi, Dennis Wise masih memantau penuh pemain bersangkutan.

Pada tahap keempat, pemain yang layak bermain di Eropa dipinjamkan ke klub untuk ikut berkompetisi. Ia diharapkan bisa bersaing dengan pemain profesional lainnya. Tapi karena masih dalam pantauan Dennis Wise, maka pemain bersangkutan bisa dipindahkan kalau terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Paling akhir adalah tahap kelima. Pada tahap ini, pemain dilepas sepenuhnya dan berjuang sendiri di klub profesional Eropa.

Dalam kasus Brylian, ia sekarang ada di tahap keempat tanpa melewati fase ketiga. Sebab, Brylian sudah mampu menarik minat klub di Eropa.

Adapun, agenda terdekat skuat Garuda Select ialah melakoni laga uji coba melawan Preston North End U-18. Duel tersebut bisa disaksikan di sini.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR