Belanda Belum Ada Waktu Beruji Coba dengan Timnas Indonesia

Asad Arifin | 2 September 2022, 15:05
Belanda Belum Ada Waktu Beruji Coba dengan Timnas Indonesia
Skuad Belanda merayakan gol Noa Lang ke gawang Wales, UEFA Nations League 2022/23 (c) AP Photo

Bola.net - Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) menjalin kemitraan dengan PSSI. Melalui kerja sama ini, ada kemungkinan Timnas Indonesia beruji coba melawan Belanda.

KNVB memandang Indonesia sebagai salah satu negara penting. Sebab, banyak penggemar Timnas Belanda di Tanah Air, terutama di daerah seperti Maluku.

Oleh karenanya, KNVB akan menggelar sebuah kegiatan yang diberi tajuk Oranje Indonesia Festival pada 25 November 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. Melalui acara itu, KNVB berharap bisa membina hubungan baik dengan penggemar Timnas Belanda di Indonesia.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan Timnas Belanda bakal bertandang ke Indonesia untuk bertanding dengan Skuad Garuda. Namun, rencana itu belum akan terealisasi dalam waktu dekat.

"Tentu menyenangkan jika kami bisa kembali ke Indonesia dengan Timnas Belanda. Sayangnya kami kesulitan mencari waktu karena sedang persiapan untuk Piala Dunia. Tapi tidak menutup kemungkinan di penyelenggaraan berikutnya jika memang ada sponsor," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) KNVB, Gijs de Jong.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 2 halaman

Respons PSSI

Sementara itu, PSSI menyambut baik rencana uji coba antara Timnas Indonesia dan Belanda. Sebab, ini akan jadi pengalaman berharga bagi para pemain.

Namun untuk menindaklanjuti rencana tersebut, PSSI akan terlebih dahulu membahasnya dengan pihak terkait. Termasuk tim kepelatihan yang dipimpin Shin Tae-yong.

"Itu nanti akan dibahas juga ke depannya, untuk uji coba dengan Timnas Belanda," ucap Wakil Sekjen PSSI, Maaike Ira Puspita.

2 dari 2 halaman

KNVB Berharap Timnas Indonesia Main di Piala Dunia

Maaike Ika juga menyampaikan dukungan yang diberikan KNVB untuk Timnas Indonesia. Melalui Gijs de Jong, mereka berharap tim Merah-Putih suatu hari nanti bisa tampil di Piala Dunia.

Soal harapan itu, Maaike Ika. memastikan PSSI sudah punya target. Paling cepat, PSSI berharap Timnas Indonesia bisa berlaga di Piala Dunia 2034.

"Karena itu kami minta dukungan dari KNVB, salah satunya melalui transfer program, lalu kepelatihan juga," imbuh Maaike Ika.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR