Banyak Pemain dari Luar Negeri, Timnas Indonesia Bisa Balas Dendam ke Thailand di Piala AFF 2022

Asad Arifin | 5 Desember 2022, 10:14
Banyak Pemain dari Luar Negeri, Timnas Indonesia Bisa Balas Dendam ke Thailand di Piala AFF 2022
Winger Timnas Indonesia, Saddil Ramdani (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Timnas Indonesia diprediksi bisa membalas dendam kekalahan atas Thailand pada Piala AFF 2022 ini. Hal tersebut dikatakan oleh gelandang PSM Makassar, Muhammad Arfan, karena merasa materi pemain Skuad Garuda yang kompetitif.

Saat ini, ada delapan pemain Timnas Indonesia yang bermain di klub luar negeri. Sebagai contoh, ada Saddil Ramdani bersama Sabah FC di Liga Malaysia dan Asnawi Mangkualam yang membela Ansan Greeners di Korea Selatan.

Belum lagi para pemain seperti Pratama Arhan (Tokyo Verdy/Jepang), Egy Maulana Vikri (FC ViOn Zlaté Moravce/Slovakia), Witan Sulaeman (AS Trencin/Slovakia), hingga Elkan Baggott (Gillingham FC/Inggris).

Ada pula dua pemain naturalisasi anyar dan berkarier di luar negeri, yaitu Jordi Amat (Johor Darul Takzim/Malaysia) dan Sandy Walsh (KV Mechelen/Belgia). Menurut Arfan, mereka membuat Timnas Indonesia dianggap ancaman.

1 dari 2 halaman

Jauh Lebih Baik

Oleh karena itu, Arfan yang juga pernah membela Timnas Indonesia pada medio 2017-an itu menilai bahwa skuad Garuda sekarang terbilang lebih baik.

"Saya lihat pemain-pemain yang sekarang sangat mencukupi karena para pemain main di luar negeri. Ada yang Liga Malaysia seperti Saddil dan Asnawi yang bermain di Korea Selatan. Saya kira timnas sekarang jauh lebih baik " kata Arfan kepada Bola.com di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (4/12/2022).

Arfan optimistis timnas Indonesia bisa meraih prestasi terbaik di Piala AFF 2022. Namun, pemain 24 tahun ini juga mengingatkan soal lawan yang perlu diwaspadai, yakni Thailand.

2 dari 2 halaman

Lawan Paling Bahaya

Suporter Timnas Indonesia saat melawan Curacao pada laga FIFA Matchday di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/9/2022) (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Suporter Timnas Indonesia saat melawan Curacao pada laga FIFA Matchday di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/9/2022) (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Menurut pengamatannya, Thailand masih punya kekuatan yang tak bisa dipandang remeh. Terbukti dalam enam pertemuan terakhir di berbagai ajang, prestasi terbaik Garuda adalah dua kali bermain imbang.

Salah satu hasil imbang itu didapat saat tim Merah Putih menahan Thailand dengan skor 2-2 pada leg kedua final AFF 2020. Sementara pada leg pertama, Indonesia tumbang 0-4.

"Saya pikir lawan terkuat itu menurut saya Thailand. Karena beberapa tahun sebelumnya, Thailand terbukti yang sangat bisa menahan Indonesia," ujar pemain yang mengantongi empat caps bersama Timnas Indonesia ini.

Disadur dari Bola.com: Radifa Arsa/Wiwig Prayugi, 5 Desember 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR