BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Bagus di Klub, 5 Pemain Ini Justru Jarang Dapat Panggilan Timnas Indonesia

23-07-2020 08:45 | Aga Deta

Timnas Indonesia (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan Timnas Indonesia (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Seluruh pesepak bola Tanah Air pasti punya impian bermain untuk Timnas Indonesia. Sayangnya, tidak semua pemain bagus dan berbakat bisa mendapatkan panggilan untuk memperkuat skuad Garuda.

PSSI memanggil 29 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia yang digelar pada 23 Juli sampai 8 Agustus 2020. Pemusatan latihan ini digelar untuk persiapan menuju laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF 2020.

Nama-nama yang dipanggil adalah para pemain terbaik. Mereka bakal bersaing untuk mencuri perhatian dari pelatih Shin Tae-yong.

Namun, ada juga nama pemain yang gagal mendapatkan kesempatan dari Shin Tae-yong. Padahal, ketika bermain di klub para pemain tersebut merupakan andalan dan sering mencetak gol di liga.

Hal ini menjadi bukti kerasnya persaingan untuk bisa dipanggil Timnas Indonesia. Positifnya, hal itu juga menjadi bukti sumber daya pemain yang dimiliki Indonesia sangat banyak.

Ada sejumlah pemain hebat yang gagal dapat kesempatan dipanggil Timnas Indonesia. Padahal, secara permainan dan kualitas mereka mampu bersaing dengan indikator penampilan dan jumlah gol di klub. Siapa saja?

1 dari 5 halaman

Dedik Setiawan

Dedik Setiawan merupakan satu dari sejumlah penyerang lokal yang dimiliki Timnas Indonesia. Musim lalu, Dedik berhasil mencetak tujuh gol di Liga 1 bersama Arema FC.

Namun, penampilan apiknya tak cukup mengantarkan ke Timnas Indonesia. Dedik belum lagi bermain untuk Tim Merah Putih sejak Juni 2019.

Pertandingan terakhir yang dimainkannya adalah dalam laga persahabatan melawan Yordania. Sejauh ini, Dedik sudah tampil sebanyak tujuh kali dan belum mampu mencetak gol untuk Timnas Indonesia.

2 dari 5 halaman

Terens Puhiri

Terens Puhiri merupakan gelandang lincah yang dimiliki Indonesia. Meskipun baru berusia 23 tahun, namun Terens Puhiri mampu memberikan penampilan terbaiknya di Liga 1.

Pada edisi 2019, Terens Puhiri mampu mencetak delapan gol dalam 32 laga bersama Borneo FC. Namun, penampilan apiknya itu tak mampu mengantarkannya ke Timnas Indonesia.

Terens Puhiri belum pernah tampil bersama Timnas Indonesia senior. Penampilan Terens Puhiri untuk Timnas Indonesia terjadi di level U-16 pada edisi 2010-2011.

3 dari 5 halaman

Wawan Febrianto

Tak bisa dimungkiri, Wawan Febrianto mampu tampil mengejutkan di Liga 1 dalam beberapa tahun terakhir. Sebagai gelandang, Wawan Febrianto juga mampu diandalkan dalam mencetak gol.

Torehan gol Wawan Febrianto pun meningkat setiap musimnya. Pada edisi 2019, Wawan Febrianto mampu mencetak delapan gol dalam 27 laga bersama Persikabo.

Wawan Febrianto sempat dipanggil Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, pemain berusia 26 tahun itu hanya bermain selama 33 menit dalam laga melawan Vietnam (15/10/2020).

4 dari 5 halaman

Titus Bonai

Titus Bonai sempat menjadi andalan Timnas Indonesia. Namun, sejak 2015 sang pemain belum lagi dipanggil untuk memperkuat Tim Merah Putih.

Laga terakhir Titus Bonai adalah melawan Irak pada Kualifikasi Piala AFC 2015. Sejak saat itu, Titus Bonai tak pernah lagi bermain untuk Timnas Indonesia.

Padahal, pemain yang akrab disapa Tibo itu cukup moncer di level klub. Pada Liga 1 2019, Tibo sukses mencetak 13 gol untuk Persipura Jayapura. Musim ini, Tibo sudah mencetak satu gol dalam satu laga bersama Borneo FC.

5 dari 5 halaman

Lerby Eliandry

Lerby Eliandry bisa dikatakan aset penyerang lokal yang dimiliki Timnas Indonesia. Sejak memulai debut pada 2016, Lerby telah tampil 12 kali bersama Timnas Indonesia dan sukses mencetak dua gol.

Namun, belakangan Lerby mulai terpinggirkan dari Timnas Indonesia. Penampilan terakhirnya terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 dalam laga melawan Vietnam (15/10/2020) di mana bermain selama lima menit.

Sejak saat itu, Lerby belum lagi dipanggil Timnas Indonesia. Padahal di level klub, Lerby musim lalu sukses mencetak 10 gol dalam 26 laga Liga 1 bersama Borneo FC. Musim ini, Lerby sudah mencetak 1 gol dalam dua laga bersama Bali United.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Zulfirdaus Harahap/Editor Gregah Nurikhsani

Published: 22 Juli 2020

KOMENTAR