Awas! Ini 3 Lawan Berbahaya Buat Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Yaumil Azis | 7 April 2022, 13:49
Timnas Indonesia U-23 di laga kedua Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 di Republican Central Stadium, Dunshabe, Tajikistan, Jumat (29/10/2021) malam WIB. (c) Dok. PSSI
Timnas Indonesia U-23 di laga kedua Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 di Republican Central Stadium, Dunshabe, Tajikistan, Jumat (29/10/2021) malam WIB. (c) Dok. PSSI

Bola.net - Timnas Indonesia U-23 akan beraksi di ajang SEA Games 2022 yang digelar di Vietnam mulai 6 Mei 2022. Sudah pasti, Skuat Garuda bakal menghadapi lawan-lawan berat yang cukup sering ditemui dalam pentas internasional.

Timnas Indonesia U-23 dipastikan bergabung di Grup A sepak bola SEA Games 2021. Tim asuhan Shin Tae-yong itu berada satu grup dengan tuan rumah Vietnam, kemudian Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Shin Tae-yong pun telah memanggil 29 pemain, termasuk tiga pemain senior untuk memenuhi kuota overage player. Rencananya, Tim Garuda Muda bakal melakukan pemusatan latihan di Korea Selatan, di mana dalam beberapa hari pertama akan berlatih di Jakarta terlebih dulu.

Pelatih asal Korea Selatan itu punya beban target serius. Seperti halnya edisi-edisi SEA Games sebelumnya, Timnas Indonesia memiliki target untuk bisa meraih medali emas di Hanoi, Vietnam, pada Mei mendatang.

Namun, pertanyaannya mampukah Timnas Indonesia U-23 untuk melewati empat pertandingan di fase grup dengan sangat baik hingga akhirnya menjalani pertandingan semifinal dan final demi memenuhi target medali emas?

Berikut ini ulasan tiga lawan yang bakal menjadi ujian utama Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 nanti:

1 dari 3 halaman

Vietnam, Tuan Rumah yang Kuat

Timnas Vietnam U-23 adalah tuan rumah di sepak bola SEA Games 2021. Tak hanya diuntungkan dengan bermain di kandang sendiri, Vietnam jelas merupakan rival berat yang sudah sering merepotkan Timnas Indonesia di beberapa turnamen.

Sejauh ini pelatih Park Hang-seo telah memanggil 27 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan jelang SEA Games 2021. Vietnam cukup serius untuk tampil maksimal di SEA Games kali ini, mengingat ini akan menjadi bagian dari persiapan mereka untuk tampil di Piala AFC U-23 2022 yang digelar Juni mendatang.

Selain itu, Vietnam merupakan juara bertahan sepak bola SEA Games, di mana mereka berhasil menyabet medali emas di Manila pada 2019 lalu dengan mengalahkan Timnas Indonesia U-23 di pertandingan final.

Tentunya laga pertama Timnas Indonesia di Grup A SEA Games 2021 akan menjadi ajang pembalasan setelah kekalahan di final 2019 yang juga membuat Evan Dimas harus mengalami cedera.

2 dari 3 halaman

Thailand yang Mengincar Momen Kebangkitan

Thailand tidak berada satu grup dengan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Namun, Tim Garuda wajib untuk mewaspadai tim asuhan Worrawoot Srimaka ini jika bertemu di semifinal.

Tim yang berhasil menyabet tujuh medali emas SEA Games sejak kali pertama tim U-23 dimainkan di pesta olahraga Asia Tenggara itu pada 2001, akan mencoba untuk bangkit dalam kesempatan kali ini.

Pasalnya pada SEA Games 2019 lalu, Thailand terpeleset dan tidak berhasil lolos dari fase grup. Namun, dengan persiapan yang cukup matang sejak Februari, di mana Thailand melangkah hingga final Piala AFF U-23 2022 dan kalah dari Vietnam., serta tampil di Dubai Cup pada Maret 2022, tim Gajah Perang benar-benar tidak bisa dipandang sebelah mata.

3 dari 3 halaman

Malaysia, Tanpa Beban Target

Seperti halnya Thailand, Malaysia berada di Grup B sepak bola SEA Games 2021. Artinya, Timnas Indonesia U-23 baru bisa bertemu dengan tim Harimau Muda setelah lolos dari fase grup, entah di pertandingan semifinal atau pun final.

Sepanjang 2022 ini, Tim Malaysia U-23 sudah sempat bermain dalam empat pertandingan dan belum pernah meraih kemenangan, termasuk kalah dua kali dari Laos di fase grup Piala AFF U-23 2022.

Namun, justru ini akan menjadi momentum bagi Malaysia untuk bangkit lewat prestasi di SEA Games 2021. Namun, satu hal yang pasti Malaysia tanpa beban target di Hanoi nanti.

Timnas Malaysia U-23 memang hanya menjadikan SEA Games 2021 sebagai ajang persiapan. Fokus utama pasukan Brad Maloney adalah tampil di Piala AFC U-23 2022 yang digelar di Uzbekistan.

Disadur dari: Bola.com (Benediktus Gerendo Pradigdo)

Diunggah pada: 7 April 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR