Apakah Indonesia akan Calonkan Diri Gantikan China Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023?

Gia Yuda Pradana | 31 Mei 2022, 13:31
Ketua PSSI, Mochamad Iriawan (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan
Ketua PSSI, Mochamad Iriawan (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - China telah memutuskan untuk mundur sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. AFC pun membuka peluang bagi semua negara anggota, termasuk Indonesia, untuk menggantikan China.

China memilih mundur sebagai tuan rumah Piala Asia tahun depan. Penyebabnya adalah pandemi COVID-19. Selain itu, Negeri Tirai Bambu juga batal menjadi penyelenggara Asian Games 2021.

Namun, pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 masih tentatif. PSSI akan terlebih dulu membahasnya dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

1 dari 4 halaman

Dibicarakan di Rapat Exco PSSI

Kongres Biasa PSSI 2022 (c) Bola.net/Fitri Apriani

Kongres Biasa PSSI 2022 (c) Bola.net/Fitri Apriani

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan bahwa hasil rapat Exco nantinya dapat menjadi keputusan apakah PSSI akan mengajukan diri sebagai pengganti China atau tidak.

PSSI baru saja melaksanakan kongres tahunan yang bertajuk Kongres Biasa PSSI di Hotel Trans Luxury, Bandung pada Senin (30/5/2022).

"Kami harus membicarakannya dalam rapat Exco. Setelah itu, kami akan mengumumkannya mencalonkan diri atau tidak," kata Iriawan dinukil dari Antara.

2 dari 4 halaman

Bisa Lolos Otomatis

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Jika PSSI mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023, dan diterima, maka Timnas Indonesia akan mendapatkan durian runtuh.

Apapun hasil yang didapat dalam Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni 2022, tim berjuluk Skuad Garuda itu bakal tetap lolos akibat berstatus penyelenggara.

"Itu menjadi kesempatan yang bagus," tutur Iriawan, yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

3 dari 4 halaman

Kirim Penawaran ke 47 Negara Asia

Logo PSSI (c) Bola.com/Dody Iryawan

Logo PSSI (c) Bola.com/Dody Iryawan

Buntut dari mundurnya China sebagai tuan rumah Piala Asia 2023, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) harus bekerja mencari penyelenggara pengganti.

Media Malaysia, The Sun Daily mengabarkan bahwa AFC telah memberikan penawaran kepada 47 negara anggotanya untuk menjadi tuan rumah Piala AFC 2023, termasuk Indonesia.

Media China, CGTN mengabarkan bahwa sejumlah negara seperti Korea Selatan, Jepang, Qatar, dan Uni Emirat Arab (UEA) tertarik untuk menggantikan China.

4 dari 4 halaman

Syarat Mutlak

Timnas Indonesia (c) AP Photo

Timnas Indonesia (c) AP Photo

CGTN menjelaskan, negara yang berminat untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 wajib memenuhi sejumlah syarat. Pertama mempunyai lima stadion dengan kapasitas minimal 20 ribu penonton.

Kedua, stadion untuk upacara pembukaan dan babak final minimal dapat menampung 40 ribu orang. Ketiga tuan rumah harus menyediakan dua lapangan latihan untuk setiap grup yang berisikan empat tim.

Keempat, penyelenggara harus menyiapkan hotel berbintang empat dan lima berstandar internasional. Kelima, ketersediaan penerbangan domestik jika jarak antarkota lebih dari 200 kilometer.

Terakhir, tuan rumah harus memastikan keamanan dan kenyamanan penonton. Itu termasuk semua pihak yang terlibat dalam Piala Asia 2023.

Disadur dari: Bola.com/Muhammad Adiyaksa/Wiwig Prayugi, 31 Mei 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR