Agar Satu Persepsi, PSSI Ingin Temukan Shin Tae-yong dan Klub BRI Liga 1

Richard Andreas | 19 Januari 2022, 23:02
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Bola.net - PSSI berencana mempertemukan pelatih Shin Tae-yong dengan klub-klub BRI Liga 1. Rencana ini disampaikan langsung oleh ketua PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.


Pertemuan tersebut digelar untuk menjawab kekhawatiran Shin Tae-yong terhadap program dan metode latihannya di Timnas Indonesia. Sebelumnya, pelatih asal Korea Selatan itu sempat mengeluhkan pemainnya kembali ke rutinitas semula setelah pulang ke klub.

Itu meliputi dari gaya permainan, disiplin, hingga pola hidup dan makanan. Mochamad Iriawan ingin klub BRI Liga 1 bisa sejalan dan mendukung program Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

"Kita mungkin akan melakukan manager meeting agar satu persepsi dengan Shin Tae-yong. Klub-klub nanti kalau sudah ada waktu, kita akan diskusikan," kata Mochamad Iriawan saat diundang menjadi narasumber di Podcats Close The Door milik Deddy Corbuzier.

"Biar ada satu persepsi nantinya. Kemarin kan waktunya belum ketemu karena situasi COVID-19. Rapat pun pasti memakai zoom sehingga nanti kita akan ketemu, tatap muka. Dipaparkan program Shin Tae-yong seperti ini," ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Pertemuan tersebut kabarnya bakal digelar dalam waktu dekat. Kebetulan saat ini Shin Tae-yong sedang berada di Bali untuk mempersiapkan FIFA Matchday bersama Timnas Indonesia dan klub-klub BRI Liga 1 juga ada di tempat sama.

1 dari 2 halaman

Dapat Jaminan

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, memberikan sinyal bakal memperpanjang masa bakti Shin Tae-yong. Menurut Iriawan, rencana itu dilakukan untuk mendapatkan hasil sepak bola Indonesia yang berprestasi.

Saat ini, Shin Tae-yong masih terikat kontrak bersama Timnas Indonesia sampai 31 Desember 2023. Pelatih asal Korea Selatan itu dipercaya untuk menukangi Timnas Indonesia dari semua kelompok umur, mulai dari U-18, U-20, U-23, dan senior.

"Kami akan melihat perkembangan. Kemungkinan besar ada untuk diperpanjang. Ini kan prosesnya panjang. Dia kan meng-hired U-18, U-20, U-23 dan senior. Jadi berkesinambunganlah. Pemain senior kan dari junior," ujar Iriawan.

2 dari 2 halaman

Tugas Berat

Shin Tae-yong kini dihadapkan pada tugas berat bersama Timnas Indonesia sepanjang 2022. Pada Februari nanti, Shin Tae-yong akan memimpin Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2022.

Setelah itu, Timnas U-23 akan mewakili Indonesia di SEA Games Vietnam yang berlangsung pada Mei mendatang. Seperti diketahui, Indonesia terakhir kali meraih medali emas SEA Games pada edisi 1991 atau 31 tahun lalu.

Kemudian pada akhir tahun, Shin Tae-yong kembali memimpin Timnas Indonesia senior di Piala AFF 2022. Menarik untuk menantikan gebrakan apa yang akan diberikan oleh eks pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Disadur dari: Bola.com (Zulfirdaus Harahap/Rizki Hidayat) 19 Januari 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR