6 Pemain Timnas Indonesia yang Sempat Bermain di Liga Timor Leste: Dari Boaz Hingga Tibo

Asad Arifin | 27 Januari 2022, 10:02
Yanto Basna Dan Boaz Solossa (c) Instagram
Yanto Basna Dan Boaz Solossa (c) Instagram

Bola.net - Timnas Indonesia akan berjumpa Timor Leste pada laga uji coba hari Kamis, (27/1/2022) malam WIB. Menariknya, ada tujuh eks pemain Timnas Indonesia yang pernah menjajal peruntungan di Timor Leste.


Sepak bola Timor Leste memang belum menunjukkan prestasi mentereng pada level Asia Tenggara. Sementara, pada empat pertemuan melawan Indonesia pada laga resmi, Timor Leste belum pernah menang.

Dalam empat pertemuan tersebut, tiga di antaranya berbentuk laga uji coba internasional yang selalu digelar pada November, yaitu pada 2010, 2012, dan 2014. Satu pertemuan lainnya terjadi di Piala AFF 2018 lalu, di mana Tim Garuda menang 3-1 atas Timor Leste.

Menariknya, sempat ada gelombang pemain Timnas Indonesia yang ramai-ramai datang ke Timor Leste. Walau tidak untuk durasi yang lama, ada tujuh eks pemain Timnas Indonesia yang pernah berkiprah di Timor Leste.

Siapa saja mereka? Simak di bawah ini ya Bolaneters:

1 dari 6 halaman

Boaz Solossa

Penyerang Borneo FC, Boaz Solossa (c) Dok. Borneo FC

Boaz Solossa pernah bermain di Timor Leste. Mantan kapten Persipura Jayapura yang kini bermain bersama Borneo FC itu itu membela Carsae FC di Liga Futebol Amadora itu pada awal 2016.

Boaz memilih berkiprah di Timor Leste saat itu karena kompetisi di Indonesia berhenti akibat sanksi FIFA pada 2015. Kala itu, Persipura juga sedang krisis keuangan sehingga terpaksa melepas sejumlah pemain kunci.

Namun, karier Boaz di Carsae FC tidak berlangsung lama. Eks pemain Timnas Indonesia ini pulang ke Persipura pada April 2016.

2 dari 6 halaman

Oktovianus Maniani

Oktovianus Maniani (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Ketika bergabung dengan Carsae FC, Boaz Solossa tidak sendirian. Dia ditemani oleh Oktovianus Maniani datang ke klub Timor Leste itu.

Okto lebih dulu bermain untuk Carsae FC. Dia datang bersama pemain Indonesia lainnya, Imanuel Wanggai.

Okto sebenarnya menandatangani kontrak selama setahun dengan Carsae FC. Namun, baru juga beberapa bulan, kesepakatan itu diputus oleh Carsae FC.

3 dari 6 halaman

Imanuel Wanggai

Immanuel Wanggai (c) Bola.com/Aditya Wany

Imanuel Wanggai juga pernah berkancah di Timor Leste. Dia datang bersama Okto Maniani untuk bergabung dengan Carsae FC.

Ketika bermain di Carsae FC, Wanggai dan Okto main bareng dengan Boaz. Nasib Wanggai di Carsae FC tidak ubahnya seperti Okto. Dia dilepas bersamaan dengan diputusnya kontrak Boaz.

Dari Carsae FC, Wanggai kembali ke Persipura dan kemudian memenangkan trofi Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016.

4 dari 6 halaman

Patrich Wanggai

Patrich Wanggai (kiri) berduel udara dengan Yustinus Pae di laga 8 besar Grup Y Liga 2 2021 antara Sulut United vs Martapura Dewa United di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (20/12/2021). (c) Bola

Serbuan pemain Indonesia ke Timor Leste pasca-vakumnya kompetisi tidak berhenti sampai di situ. Patrich Wanggai juga mengikuti jejak rekannya bermain di sana.

Wanggai bergabung dengan Karketu Dili FC. Total sepuluh gol disumbangkan oleh eks penyerang Timnas Indonesia U-23 itu.

Setelah kontraknya selesai, Wanggai kembali ke Indonesia. Dia menerima tawaran dari Madura United untuk ISC 2016.

5 dari 6 halaman

Titus Bonai

Titus Bonai kini menjadi tulang punggung Persipura Jayapura. (c) Bola.com/Aditya Wany

Patrich Wanggai bukan satu-satunya pemain Indonesia di Karketu Dili pada saat itu. Dia ditemani oleh kompatriotnya, Titus Bonai.

Seperti kebanyakan pemain Indonesia lainnya, karier Tibo, karibnya disapa, tidak bertahan lama di Timor Leste. Kontraknya diputus pada pertengahan 2016.

Saat bermain di Timor Leste, Tibo mendapatkan fasilitas seperti pemain asing di Indonesia. Mantan bomber Persipura itu menerima rumah dan mobil.

6 dari 6 halaman

Ferdinand Sinaga

Aksi Ferdinand Sinaga ketika Persis Solo berjumpa Hizbul Watan pada lanjutan Liga 2 2021 (c) Bagaskara Lazuardi

Ferdinand Sinaga pernah bergabung bersama klub Timor Leste ketika sepak bola Indonesia masih belum jelas akibat pandemi COVID-19. Ia bergabung bersama Boavista FC.

Kompetisi di Timor Leste pun tetap jalan ketika pandemi COVID-19. Memang, kejuaraan resminya tidak bisa digelar pada 2020. Namun, mereka menggantinya dengan menggulirkan turnamen bertajuk Copa FFTL dihelat pada Agustus 2020.

Copa FFTL 2020 diikuti oleh 20 tim yang dibagi dalam liga grup. Turnamen yang menganut sistem gugur ini telah berakhir pada 25 Oktober 2020.

Namun, belum sempat menjalani karier bersama Boavista lantaran kompetisi Timor Leste belum dimulai, Ferdinand bergabung bersama Persib Bandung untuk tampil di Piala Menpora 2021.

Disadur dari Bola.com: Muhammad Adiyaksa/Benediktus Gerendo, 26 Januari 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR