6 Pemain Dipanggil Timnas Indonesia U-18, Persija Bangga dan Tidak Keberatan

Aga Deta | 13 November 2021, 16:53
Bambang Pamungkas (c) Fitri Apriani
Bambang Pamungkas (c) Fitri Apriani

Bola.net - Pelatih Shin Tae-yong memanggil banyak penggawa Persija Jakarta ke pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-18 proyeksi Piala Dunia U-20 2023. Total, ada enam pemain yang dipanggil juru racik asal Korea Selatan itu.


Keenam pemain tersebut yaitu Cahya Supriadi (kiper), Muhammad Uchida Sudirman (bek), Muhammad Ferarri (bek), Radzky Syawal Ginting (gelandang), Raka Cahyana Rizky (striker), dan Alfriyanto Nico Saputro (sayap).

Kondisi itu diakui Manajer Persija, Bambang Pamungkas membuat penampilan timnya tak akan maksimal di seri ketiga BRI Liga 1 2021/2022. Namun, pria yang akrab disapa Bepe ini menegaskan klubnya punya komitmen besar kepada Timnas Indonesia.

"Banyaknya pemain yang dipanggil tim nasional sedikit banyak tentu akan mempengaruhi kekuatan tim menuju seri ketiga BRI Liga 1," ujar Bepe, disadur dari laman klub.

"Namun, Persija memiliki tanggung jawab sejarah dalam memajukan sepak bola Indonesia. Dan oleh karena itu kami melepaskan pemain ke tim nasional,” katanya menambahkan.

Seri ketiga BRI Liga 1 2021/2022 akan dimulai pada 18 November 2021, di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Jika melihat jadwal, enam pemain tadi bakal absen saat laga melawan Persib Bandung (20/11), Bali United (25/11), dan Borneo FC (29/11).

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 2 halaman

Kebanggaan Persija

Meski banyak klub yang merasa keberatan pemainnya dipanggil tim nasional, hal itu tidak berlaku bagi Persija. Bepe menyebut dapat berkontribusi untuk tim nasional adalah sebuah kebanggaan besar.

“Memperkuat tim nasional tidak hanya sebuah kewajiban namun juga kebanggaan. Sebagai sebuah klub, Persija akan selalu berusaha untuk mendukung program tim nasional," tuturnya.

"Jadi apa bila ada pemain Persija yang dipanggil tim nasional, tentu kami turut merasa bangga," imbuh Bepe.

2 dari 2 halaman

TC di Jakarta dan Turki

TC Timnas Indonesia U-18 proyeksi Piala Dunia U-20 2023 digelar di Jakarta sejak 8 November 2021 lalu. Nantinya, TC ini akan dilanjutkan ke Turki berbarengan dengan TC Timnas Indonesia proyeksi Piala AFF 2020.

Rombongan Timnas Indonesia sudah lebih dulu berangkat ke Turki pada Kamis (11/11). Sementara skuad Garuda Muda akan menyusul Senin (15/11).

Dua TC tersebut akan berlangsung hingga 1 Desember 2021. Namun dari Turki, skuad Garuda Muda bakal langsung pulang ke Tanah Air, sementara Timnas Indonesia terbang ke Singapura untuk tampil di Piala AFF 2020.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR