5 Pertemuan Terakhir Timnas Indonesia Vs Kamboja: Selalu Menang, Pernah 8-0, Kebobolan 1 Gol!

Asad Arifin | 7 Desember 2021, 11:45
Timnas Indonesia - Ilustrasi Piala AFF, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam, Syahrian Abimanyu. (c) Bola.com/Adreanus Titus
Timnas Indonesia - Ilustrasi Piala AFF, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam, Syahrian Abimanyu. (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Timnas Indonesia akan berjumpa Kamboja pada laga perdananya di Grup B Piala AFF 2020. Duel ini akan dimainkan pada hari Kamis (9/12/2021) malam WIB di Bishan Stadium.


Bagi Timnas Indonesia, ini adalah duel yang sangat penting. Sebab, pasukan Shin Tae-yong harus membuktikan bahwa mereka adalah salah satu kandidat juara Piala AFF. Kemenangan menjadi hasil yang sulit ditawar.

Menang bukan target yang terlalu tinggi bagi Timnas Indonesia. Sebab, catatan statistik menunjukkan bahwa Skuad Garuda memang lebih superior dibanding Kamboja. Indonesia sangat jarang menelan kekalahan dari 23 laga melawan Kamboja.

Skuad Merah Putih punya catatan apik yakni meraih 19 kemenangan, sekali imbang, dan tiga kali kalah. Timnas Indonesia berhasil mencetak 89 gol dan kebobolan 17 kali.

Namun, sejarah mencatat Timnas Indonesia belum terkalahkan lagi dalam lima laga terakhir. Timnas meraih lima kemenangan dengan mencetak 18 gol dan sekali kebobolan.

Simak catatan lima laga terakhir Timnas Indonesia melawan Kamboja di bawah ini ya Bolaneters:

1 dari 5 halaman

2017: Timnas Indonesia 3-1 Kamboja

Lerby Eliandry (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Timnas Indonesia menjamu Kamboja pada laga persahabatan di Stadion Patriot Candrabhaga (4/10/2017). Timnas Indonesia ketika itu berhasil menang dengan skor 3-1.

Gol kemenangan skuat Garuda dibukukan Lerby Eliandry (32'), Rezaldi Hehanusa (34'), dan Septian David Maulana (49'). Adapun gol Kamboja dibukukan oleh Chan Vatanaka (48').

Ini menjadi pertemuan terakhir Timnas Indonesia melawan Kamboja. Sejak saat itu sampai sekarang kedua tim belum pernah lagi bertemu.

2 dari 5 halaman

2017: Kamboja 0-2 Timnas Indonesia

Irfan Bachdim (c) Bola.com/Nicklas Hanoatubun

Timnas Indonesia kemudian menantang Kamboja pada laga persahabatan di Stadion Olimpiade Phnom Penh pada 8 Juni 2017. Ketika itu, Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan 2-0.

Ketika itu, Timnas Indonesia diasuh oleh pelatih Luis Milla. Laga ini merupakan pemanasan bagi Timnas Indonesia yang baru keluar dari sanksi FIFA.

Gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak Irfan Bachdim pada menit ke-26. Adapun gol lainnya dibukukan oleh Gian Zola pada menit 90+6'.

3 dari 5 halaman

2014: Timnas Indonesia 1-0 Kamboja

Raphael Maitimo (c) Bola.com/Vincentius Atmaja

Timnas Indonesia kemudian menjamu Kamboja di Stadion Gajayana Malang pada 25 September 2014. Ketika itu, Timnas Indonesia hanya mampu menang dengan skor tipis 1-0.

Raphael Maitimo mencetak gol melalui tendangan penalti pada menit ke-45'. Tak ada gol lagi yang tercipta dalam laga tersebut.

4 dari 5 halaman

Piala AFF 2008: Kamboja 0-4 Timnas Indonesia

Bambang Pamungkas (c) ESA

Timnas Indonesia kembali berjumpa Kamboja di Piala AFF 2008. Ketika itu, Timnas Garuda menghadapi Kamboja pada laga perdana Grup A.

Timnas Indonesia tak terbendung dan berhasil menang telak dengan skor 3-0. Gol kemenangan skuat Merah Putih dicetak Budi Sudarsono (24'), Firman Utina (28'), dan Bambang Pamungkas (64').

Timnas Indonesia kemudian berhasil menjadi runner-up Grup A dan lolos ke semifinal. Sayangnya, Timnas Garuda tersingkir di semifinal setelah kalah 0-1 dari Thailand.

5 dari 5 halaman

Piala AFF 2004: Timnas Indonesia 8-0 Kamboja

Ilham Jaya Kesuma (c) Fitri Apriani

Timnas Indonesia pernah menang telak dengan skor 8-0 atas Kamboja. Duel itu terjadi di Piala AFF 2004 yang berlangsung di Vietnam.

Timnas Indonesia ketika itu dipertemukan dengan Kamboja pada laga keempat Grup A Piala AFF 2004. Timnas Indonesia tampil digdaya dengan menceploskan delapan gol ke gawang Kamboja.

Gol kemenangan Timnas Garuda dicetak Ilham Jaya Kesuma (5', 48', 56'), Elie Eboy (30', 55'), Kurniawan Dwi Yulianto (74', 76'), dan Ortizan Solossa (90'). Kemenangan telak itu mengantarkan Timnas Indonesia menuju semifinal Piala AFF 2004 sebagai juara grup.

Disadur dari Bola.com: Zulfirdaus Harahap/Hendry Wibowo, 7 Desember 2021

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR