5 Pemain Timnas Indonesia yang Bisa Mencetak Gol Lawan Timor Leste: Pembuktian Dedik Drogba!

Asad Arifin | 27 Januari 2022, 09:25
Aksi Dedik Setiawan (kiri) di laga leg pertama final Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Thailand di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam WIB. (c) AP Photo
Aksi Dedik Setiawan (kiri) di laga leg pertama final Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Thailand di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Timnas Indonesia akan berjumpa Timor Leste pada laga uji coba yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kamis (27/1/2022) malam WIB. Skuad Garuda punya peluang mengakhiri laga ini dengan kemenangan dan mencetak banyak gol.


Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, secara terbuka menyebut bahwa kualitas Timor Leste tidak cukup bagus. Komentar itu mengacu pada aksi Paulo Gali dan kawan-kawan saat tampil di Piala AFF 2020 lalu.

"Maaf, jujur Timor Leste tidak terlalu bagus. Saya hanya menonton pertandingan mereka di Piala AFF saja," kata Shin Tae-yong.

Pada Piala AFF 2020, Timor menjadi juru kunci Grup A. Pasukan Fabio Magrao tak mengolesi satu poin pun karena menelan empat kekalahan. Bahkan, Timor Leste tidak mampu mencetak gol dari laga-laga yang mereka mainkan.

Indonesia punya peluang menang dan mencetak banyak gol. Lantas, siapa saja pemain Timnas Indonesia yang mungkin akan mencetak gol ke gawang Timor Leste? Simak ulasannya di bawah ini ya Bolaneters:

1 dari 5 halaman

Dedik Setiawan

Pemain Timnas Indonesia, Dedik Setiawan. (c) PSSI

Shin Tae-yong tentu punya alasan untuk terus percaya pada Dedik Setiawan. Walau gagal mencetak gol di Piala AFF 2020 lalu, pemain 27 tahun itu tetap dipanggil ke Timnas.

Dedik sejatinya punya kualitas yang mumpuni di depan gawang. Dia punya dribel, kecepatan, dan gaya bermain yang ngotot. Naluri gol pemain yang mendapat julukan Dedik Drogba juga cukup bagus.

Setelah mendapat banyak kritik karena gagal mencetak gol di Piala AFF, gawang Timor Leste bisa menjadi sasaran empuk Dedik untuk membuktikan kualitasnya.

2 dari 5 halaman

Marselino Ferdinan

Pemain Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan. (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Marselino berada dalam momen yang bagus bersama Persebaya Surabaya. Dia telah membuat lima assist dan mencetak empat gol. Momen itu mungkin akan berlanjut bersama Timnas Indonesia.

Saat masih membela Timnas U-16, adik dari Oktafianus Fernando itu sudah menunjukkan kemampuan mencetak gol yang baik. Dia punya tendangan keras dan akurat. Penempatan posisi Marselino juga sangat apik.

Jadi, laga Timor Leste mungkin akan memberi dua memori indah bagi Marselino: debut dan gol pertama untuk Timnas Indonesia.

3 dari 5 halaman

Alfeandra Dewangga

Alfeandra Dewangga (kiri) mencoba menghentikan Chanathip Songkrasin (kanan) di laga leg pertama final Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Thailand di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/202

Seorang pemain belakang mencetak gol? Mengapa tidak!

Ada dua skenario yang membuat sosok Dewangga punya peluang mencetak gol. Pertama, dia adalah satu eksekutor tendangan bebas di Timnas Indonesia dan PSIS Semarang. Jadi, dia punya kans untuk membobol gawang Timor Leste.

Kedua, dengan postur yang cukup tinggi, Dewangga juga punya peluang mencetak gol dari sepak sudut. Perlu diingat, pada Piala AFF 2020 lalu, Timnas Indonesia cukup sering mencetak gol dari sepak sudut.

4 dari 5 halaman

Ramai Rumakiek

Winger Timnas Indonesia, Ramai Rumakiek saat tampil melawan Antalyaspor di laga uji coba jelang Piala AFF 2020. (c) dok.PSSI

Rumakiek tampil impresif bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 yang lalu. Pemain 19 tahun itu mampu menyumbang satu gol yakni ketika Indonesia menang 4-2 lawan Kamboja di fase grup.

Sebelumnya, Rumakiek juga mencetak satu gol ketika Indonesia menang 2-1 atas Chinese Taipei di Kualifikasi Piala Asia.

Rumakiek punya peluang sangat besar untuk dimainkan melawan Timor Leste. Sebab, jika tim memang disiapkan untuk tampil di Piala AFF U-22, maka kemungkinan besar Rumakiek akan masuk skuad. Jadi, Rumakiek butuh 'pemanasan' sebelum tampil di Piala AFF U-22.

5 dari 5 halaman

Ronaldo Kwateh

BRI Liga 1: Pemain Madura United, Ronaldo Joybera Kwateh (nomor 77) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Seperti Marselino, Ronaldo juga punya peluang mencatat momen istimewa. Jika dimainkan, pemain 17 tahun itu akan menjalani debut bersama Timnas Indonesia. Debutnya akan terasa spesial jika sukses mencetak gol.

Ronaldo memang belum mencetak gol untuk Madura United di BRI Liga 1. Tapi, saat menjalani pemusatan latihan di Turki bersama Timnas U-19, Ronaldo tampil bagus dan mendapat perhatian dari Shin Tae-yong.

Ronaldo mewarisi bakat sebagai mesin gol dari ayahnya, Roberto Kwateh. Saat masih aktif bermain, Roberto yang berasal dari Kamerun pernah membela PSIM Yogjakarta hingga PSIS Semarang.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR