5 Kemenangan Terbesar Timnas Indonesia di Piala AFF: Pernah Bantai Filipina 13-1!

Asad Arifin | 4 Desember 2021, 15:39
Kolase - Timnas Indonesia 2 di Piala AFF. (c) Bola.com/Adreanus Titus
Kolase - Timnas Indonesia 2 di Piala AFF. (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Timnas Indonesia akan tampil pada kejuaraan Piala AFF 2020 yang berlangsung di Singapura. Pertandingan akan berlangsung sejak 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022 mendatang.


Pada piala AFF edisi ke-13 ini, Skuad Garuda menghuni grup B pada babak penyisihan grup. Skuad Garuda akan bersaing dengan Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos.

Sejak Piala AFF 1996, Timnas Indonesia hampir selalu meraih hasil positif di fase grup. Dari tiga belas edisi, tim Merah Putih hanya 4 kali gagal melewati babak penyisihan.

Timnas Indonesia juga mencatatkan sejumlah kemenangan besar di Piala AFF yang mayoritas terjadi di fase grup. Bahkan, Skuad Garuda pernah menang telak 13-1.

Berikut 5 kemenangan terbesar Timnas Indonesia dalam sejarah Piala AFF. Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters:

1 dari 5 halaman

Indonesia 6-1 Myanmar

Fakhri Husaini (c) Bola.com/Yoppy Renato

Timnas Indonesia mengalahkan Myanmar 6-1 pada babak penyisihan Piala AFF 1996. Kala itu, kedua tim sama-sama menghuni grup A.

Setengah lusin gol skuad Garuda dicetak Fachri Husaini (7’, 66’), Peri Sandria (20’, 26’), Ansyari Lubis, dan Eri Irianto. Satu-satunya gol Myanmar dicetak Maung Maung Htay.

2 dari 5 halaman

Laos 0-6 Indonesia

Boaz Solossa (c) Bola.com/Nicklas Hanoatubun

Timnas Indonesia berhasil menang besar atas Laos pada Piala AFF 2004. Sebanyak 6 gol berhasil dibukukan skuad Garuda pada laga perdana babak penyisihan grup A.

Setengah lusin gol tim Merah Putih disumbangkan oleh Boaz Solossa (25’, 52’), Ilham Jaya Kesuma (28’, 33’), Elie Aiboy (60’) dan Kurniawan Dwi Yulianto (86’).

3 dari 5 halaman

Laos 0-6 Indonesia

Irfan Bachdim. (c) Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Setelah Piala AFF 2004, gawang Laos kembali menjadi lumbung gol Timnas Indonesia pada babak penyisihan grup A Piala AFF 2010. Skuad Garuda kembali menang dengan skor telak 0-6.

Para pencetak gol pada laga tersebut di antaranya Firman Utina (26’, 51’), Muhammad Ridwan (33’), Irfan Bachdim (63’), Arif Suyono (77’), dan Oktovianus Maniani (82’).

4 dari 5 halaman

Indonesia 8-0 Kamboja

Ilham Jaya Kesuma (c) Fitri Apriani

Selain menang besar atas Laos, Timnas Indonesia juga pesta gol ke gawang Kamboja pada fase grup A Piala AFF 2004. Tak tanggung-tanggung, Skuad Garuda berhasil memasukkan total 8 gol.

Pada laga tersebut, penyerang Timnas Indonesia, Ilham Jaya Kesuma berhasil mencetak hattrick, Elie Aiboy dan Kurniawan Yulianto mencetak brace. Sementara satu gol lainnya disumbangkan Ortizan Solossa.

5 dari 5 halaman

Indonesia 13-1 Filipina

Bambang Pamungkas (c) ESA

Sementara kemenangan paling besar Timnas Indonesia terjadi ketika menghadapi Filipina pada babak penyisihan grup A Piala AFF 2002. Skuad Garuda berhasil mencetak 13 gol dan hanya kemasukan satu gol.

Bambang Pamungkas dan Zaenal Arif sama-sama mencetak empat gol, Bejo Sugiantoro 2 gol, Budi Sudarsono dan Imran Nahumarury masing-masing satu gol. Sementara satu gol lainnya merupakan gol bunuh diri pemain lawan.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR