5 Jebolan Piala AFF U-23 2019 yang Bisa Membela di Timnas Indonesia pada Edisi 2022

Asad Arifin | 13 Januari 2022, 13:02
Timnas Indonesia U-22 (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Pelatih Shin Tae-yong punya banyak opsi untuk menyusun skuad Timnas Indonesia U-23 yang akan tampil di Piala AFF U-23 2022. Sebab, ada beberapa pemain dari edisi 2019 yang masih bisa dipilih sang pelatih.


Timnas Indonesia merupakan juara bertahan pada edisi tersebut setelah mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 pada laga puncak. Ketika itu, Timnas Indonesia juara di bawah asuhan pelatih Indra Sjafri.

Kini, Timnas Indonesia U-23 datang dengan kekuatan baru bersama pelatih Shin Tae-yong. Kabarnya, Shin Tae-yong akan menggunakan pemain-pemain yang mirip dengan skuad senior Piala AFF 2020.

Tapi, Shin Tae-yong juga bisa melirik pemain jebolan Piala AFF U-23 2019 lalu. Paling tidak, ada lima pemain yang secara usia masih bisa masuk skuad untuk Piala AFF U-23 2022. Siapa saja? Simak di bawah ini ya Bolaneters:

1 dari 5 halaman

Muhammad Riyandi

Kiper Timnas Indonesia, Muhammad Riyandi, saat sesi latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa, (18/2/2020). (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Pelatih Shin Tae-yong bisa memberikan kesempatan pada Muhammad Riyandi untuk menjaga gawang Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022. Pertimbangannya adalah Riyandi merupakan kiper berpengalaman yang pernah memberikan gelar Piala AFF U-22 2019.

Riyandi merupakan kiper dengan insting yang baik dalam membaca arah bola. Selain itu, Riyandi juga sudah berpengalaman tampil di level internasional.

Memiliki postur 183 cm membuat Riyandi bisa diandalkan dalam menghalau serangan bola udara. Riyandi juga memiliki reflek yang bagus untuk menjaga kesucian gawang Timnas Indonesia.

2 dari 5 halaman

Rachmat Irianto

Rachmat Irianto usai mencetak gol ke gawang Kamboja pada laga matchday kedua Piala AFF 2020 (c) AFF Suzuki Cup

Rachmat Irianto merupakan pemain penting di lini tengah Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020. Rachmat Irianto memastikan lini tengah skuad Garuda bebas dari ancaman lawan.

Sebagai gelandang bertahan, Rachmat Irianto tak segan melakukan segala cara untuk mematahkan serangan lawan. Rachmat Irianto juga andal sebagai pemecah kebuntuan dan mencetak dua gol dalam delapan laga di Piala AFF 2020.

Rachmat Irianto merupakan pemain yang turut menyumbangkan gelar Piala AFF U-22 2019. Menarik untuk menyaksikan kiprah pemain Persebaya Surabaya itu di Piala AFF U-23 2022.

3 dari 5 halaman

Luthfi Kamal

BRI Liga 1: Pemain Barito Putera, M. Luthfi Kamal (kiri) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Nama Luthfi Kamal sudah lama tidak dipanggil Timnas Indonesia. Pemain 22 tahun itu layak dicoba pelatih Shin Tae-yong karena memiliki visi bermain yang bagus di lini tengah.

Luthfi Kamal musim ini tampil memukau di lini tengah Barito Putera. Luthfi Kamal mampu dipercaya sebagai pemain inti di klub berjulukan Laskar Antasari itu.

Tak hanya andal dalam menjaga ritme permainan dan motor serangan, Luthfi Kamal juga bisa memecah kebuntuan. Sejauh ini, Luthfi Kamal sudah mencetak dua gol di BRI Liga 1 2021/2022 untuk Barito Putera.

4 dari 5 halaman

Samuel Christianson

Samuel Christianson (c) Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Samuel Christianson Simanjuntak bisa dijadikan pilihan lain di sektor bek kiri. Pemain yang baru bergabung dengan Persija Jakarta itu memiliki kelincahan dan layak diandalkan untuk membantu serangan.

Sektor bek kiri memang sejauh ini sudah pakem dihuni Pratama Arhan. Namun, Samuel Christianson layak dicoba Shin Tae-yong andai Pratama Arhan tak bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022.

Samuel Christianson juga dikenal sering membantu serangan. Terutama dengan tembakan-tembakan terukurnya yang memanjakan lini depan.

5 dari 5 halaman

Firza Andika

Pemain Persikabo 1973, Firza Andika (c) Bola.net/Arief Bagus Prasetiyo

Sejauh ini posisi bek kiri Timnas Indonesia selalu dihuni Pratama Arhan. Namun, Firza Andika layak dijadikan pelapis bila penampilan Arhan tak sesuai ekspektasi.

Firza Andika merupakan bek kiri yang pernah membawa Timnas Indonesia U-22 menjuarai Piala AFF U-22 2019. Firza Andika tak hanya andal dalam menjaga pertahanan, juga bisa diandalkan membantu serangan.

Firza Andika merupakan bek sayap yang punya kecepatan dan kemampuan fisik mumpuni. Firza Andika juga bisa diandalkan untuk mencetak gol dan sejauh ini sudah satu gol dan dua assist untuk Persikabo 1973 di BRI Liga 1 2021/2022.

Disadur dari Bola.com: Hendry Wibowo/Zulfirdaus Harahap, 13 Januari 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR