45 Pemain Laos Kena Sanksi Larangan Bermain Seumur Hidup Karena Match Fixing

Editor Bolanet | 12 Januari 2022, 14:36
FIFA (c) AFP

Bola.net - Sanksi tegas dijatuhkan oleh federasi sepak bola dunia FIFA kepada 45 pemain Laos yang terlibat pengaturan skor atau match fixing. Para pemain itu dijatuhi hukuman larangan bermain seumur hidup.


Sebanyak 45 pemain Laos terbukti terlibat dalam pengaturan skor di kompetisi atau turnamen lokal selama bertahun-tahun. Sikap tidak terpuji itu mendapat kecaman dari Federasi Sepak Bola Laos (LFF).

"Saat ini sebanyak 45 pesepak bola pria telah dilarang bermain sepak bola seumur hidup oleh FIFA karena terlibat pengaturan pertandingan yang terjadi selama bertahun-tahun pada banyak turnamen tingkat nasional," kata Sekjen LFF, Kanya Kaewman seperti dikutip Ball Thai.

Namun, LFF tidak secara rinci menyebut nama-nama pemain yang terlibat dalam pengaturan skor tersebut. Selain itu, tak disebutkan juga apakah para pemain yang terlibat melakukan tindakan serupa sewaktu membela Timnas Laos.

Sementara itu, Wakil Presiden LFF, Khampeng Vongkhanty, menyebut perilaku 45 pemain itu sangat memalukan. Menurut Khampeng Vongkhanty, pihaknya enggan menerima kembali para pemain yang terlibat.

"LFF menolak untuk menerima kembali ke-45 pemain tersebut. Tak peduli seberapa berbakatnya mereka," tegas Khampeng Vongkhanty.

1 dari 1 halaman

Laos Berbenah

Timnas Laos mulai berbenah setelah babak belur di Piala AFF 2020. LFF telah menunjuk Michael Weiss sebagai pelatih anyar.

Michael Weiss menggantikan pelatih asal Singapura V Selvaraj. Pelatih asal Jerman itu mendapatkan kontrak jangka panjang sampai 2024.

Nama Michael Weiss sudah tak asing di Asia karena pernah menukangi Filipina dan Mongolia. Dengan demikian, Weiss bakal mendapatkan tugas untuk menukangi Timnas Laos di SEA Games 2022, Piala AFF 2022 dan 2024.

Disadur dari: Bola.com (Zulfirdaus H/Rizki H; 11/1/22)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR